Breaking News:

Berita Internasional

Palestina dan Israel Akhirnya Gencatan Senjata, Gencatan Senjata Adalah

Setelah ditekan dari berbagai negara, akhirnya Israel mau gencatan senjata dengan Hamas Palestina. Apa itu gencatan senjata?

Editor: Catur waskito Edy
POOL PHOTO/MAHMUD HAMS via AP
Serangan udara Israel meledakkan gedung yang dihuni kantor berita internasional termasuk Al Jazeera dan Associated Press pada Sabtu (15/5/2021) di Gaza. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA –- Setelah ditekan dari berbagai negara, akhirnya Israel mau gencatan senjata dengan Hamas Palestina.

Apa itu gencatan senjata?

Mengutip KBBI, gencatan senjata adalah penghentian tembak-menembak dalam hal ini tentang perang.

Sementara itu, dikutip dari laman resmi STIKI Malang, gencatan senjata yaitu penghentian perang atau konflik bersenjata apapun untuk sementara di mana kedua belah pihak yang terlibat setuju untuk menghentikan tindakan bernafsu menyerang masing-masing.

 Gencatan senjata bisa dinyatakan sebagai bagian dari akad resmi dan bisa juga tidak resmi.

Contoh pada 25 Desember 1914 saat Perang Dunia I, terjadi gencatan senjata tidak resmi karena Jerman dan Inggris ingin merayakan Natal.

Tidak ada perjanjian yang ditandatangani, selang beberapa hari perang berlanjut.

Selanjutnya, dikutip dari beyondintractability.org, gencatan senjata adalah penghentian kekerasan sementara yang tidak menyelesaikan konflik besar tetapi dimaksudkan sebagai langkah ke arah itu.

Gencatan senjata termasuk langkah pertama dan penting dalam menyelesaikan konflik kekerasan sehingga terjadi perdamaian.

Deklarasi tersebut mengubah lanskap politik dengan memberikan periode pendinginan sebagai pembuka jalan untuk negosiasi masalah yang tidak dapat ditangani selama masa permusuhan.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved