Breaking News:

Ini Penjelasan Ilmiah Wanita Lebih Sering Overthinking dari pada Pria

otak wanita terutama lebih aktif di korteks frontal, yang terlibat dengan kontrol fokus dan impuls, serta area emosional limbik di otak yang terkait d

via kompas.com
Ilustrasi depresi 

Ini Penjelasan Ilmiah Wanita Lebih Sering Overthinking dari pada Pria

TRIBUNJATENG.COM - Sebagian besar wanita adalah seorang pemikir. Tak jarang, kaum wanita sering mengalami overthinking.

Overthinking adalah istilah yang sering ditujukan pada orang-orang yang terlalu banyak berpikir. Namun jangan keliru menyamakannya dengan pemikir.

Berbeda dengan pemikir, orang yang overthinking sering kali memikirkan hal-hal sepele secara berlebihan.

"Pikiran kita cenderung bekerja berlebihan dan kita menjadi super analitis tentang detail terkecil: percakapan, bahasa tubuh, pertukaran dunia maya, ingatan - apa saja".

Ini adalah stereotip umum yang sering dilontarkan, tetapi ternyata ada dukungan ilmiah untuk itu.

Dilansir dari graziadaily.co.uk sebuah studi yang dilaporkan dalam Journal of Alzheimer's Disease telah mengkonfirmasi bahwa wanita lebih banyak berpikir daripada pria, karena otak mereka memiliki lebih banyak aktivitas.

Dalam survei pencitraan otak terbesar yang pernah dilakukan, para peneliti di Amen Clinics di California menganalisis data dari lebih dari 45.000 penelitian dan menyimpulkan bahwa otak wanita jauh lebih aktif daripada otak pria.

Studi tersebut menemukan bahwa otak wanita terutama lebih aktif di korteks frontal, yang terlibat dengan kontrol fokus dan impuls, serta area emosional limbik di otak yang terkait dengan suasana hati dan kecemasan.

Ditemukan juga bahwa aliran darah lebih tinggi di otak wanita dibandingkan dengan pria, yang berarti mereka lebih cenderung berempati, berkolaborasi, intuitif, dan lebih fokus.

Halaman
12
Penulis: Wilujeng Puspita
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved