Breaking News:

ShopeePay

Dear Gen-Z, Ikuti 4 Tips Ini Agar THR Lebaran Lebih Awet dan Meaningful

Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Di hari Lebaran, umat Muslim biasa merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga

Editor: Catur waskito Edy
freepik.com
Dear Gen-Z, Ikuti 4 Tips Ini Agar THR Lebaran Lebih Awet dan Meaningful 

TRIBUNJATENG.COM -- Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Di hari Lebaran, umat Muslim biasa merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, beribadat dan makan bersama, serta saling bermaaf-maafan.

Salah satu tradisi yang sangat ditunggu di momen Lebaran adalah berbagi THR. Biasanya, anggota keluarga yang sudah menikah ataupun bekerja akan memberikan THR kepada anak-anak yang belum menikah. Bagi kamu yang sudah bekerja, perusahaan juga wajib memberikan THR kepada pegawainya menjelang Hari Raya.

Ketika mendapatkan THR, biasanya kita akan tergoda untuk segera menggunakannya demi membeli berbagai barang. Jika tidak dilakukan secara cermat, hal tersebut tentu berpotensi untuk membuat THR kita cepat ludes tak berbekas. Untuk membuat THR lebih awet dan bermakna, sebaiknya kita melakukan pengelolaan keuangan yang lebih baik. Hal tersebut juga berlaku untuk Gen Z yang umumnya belum atau baru memiliki penghasilan sendiri.

Beberapa tips berikut akan membantu kamu untuk mengelola THR menjadi bekal untuk masa depan:

Menabung

Menabung bertujuan untuk menyiapkan dana cadangan sehingga dapat dipakai di kemudian hari saat keperluan mendadak, sekaligus menjamin amannya finansial seseorang. Millennials dan Gen Z dapat menabung uang THR yang didapat dengan menerapkan metode pembagian alokasi THR berdasarkan skala prioritas, misalnya saja dengan menyusun kebutuhan sehari-hari mulai dari pembelian paket data, pembayaran bulanan seperti membeli makanan, membayar air dan listrik jika tinggal sendiri, hingga menyisihkan sebagian untuk dana darurat. Millennials dan Gen Z juga bisa memanfaatkan promo yang disediakan layanan pembayaran digital seperti promo cashback 30% dari ShopeePay untuk meminimalisir besarnya pengeluaran.

Investasi Saham dan Reksa Dana

Berinvestasi merupakan salah satu hal yang sedang naik daun karena masyarakat Indonesia, khususnya anak muda, kini lebih memahami pentingnya memiliki investasi untuk pemenuhan kebutuhan masa depan. Terlebih, banyak public figure memberikan edukasi terkait investasi di berbagai channel seperti TikTok.

Dengan berinvestasi sedini mungkin, kamu akan memiliki lebih banyak tabungan untuk masa depan. Kamu bisa memulai berinvestasi pada platform reksadana seperti Tanamduit, Investasik, ataupun Fundtastic dengan memanfaatkan ShopeePay sebagai metode untuk top up saldo reksadana di platform tersebut. Selain memudahkan proses top up, pengguna juga akan mendapatkan cashback 30%.

Investasi Emas

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved