Breaking News:

Berita Banjarnegara

Dipakai untuk Mengairi Lahan hingga Konsumsi Rumah Tangga, Telaga Ini Tertutup Eceng Gondok

Telaga Merdada jadi satu di antara destinasi andalan di kawasan Dataran Tinggi Dieng

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Pembersihan eceng gondok di Telaga Merdada di kawasan lereng Dieng menggunakan alat berat. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANJARNEGARA -Telaga Merdada jadi satu di antara destinasi andalan di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Sayang, telaga itu terkikis keindahannya karena dipenuhi tanaman liar atau eceng gondok. 

Masyarakat dan relawan bahu membahu membersihkan tanaman itu. Pemkab Banjarnegara yang mengelola objek wisata itu pun sudah turun tangan. Alat berat turut dikerahkan untuk mempercepat proses pembersihan. 

Tetapi pekerjaan itu belum juga selesai lantaran tanaman itu sudah merata menutupi hampir seluruh muka air. 

"Pembersihan masih berlanjut, " kata Irhamto, warga Desa Karangtengah Kecamatan Batur, Banjarnegara, Senin (24/5/2021) 

Menurut Irhamto, upaya pembersihan eceng gondok sudah sering dilakukan. Tetapi pertumbuhan tanaman itu diakuinya sangat cepat.  Karenanya, tanaman itu susah dihilangkan dari telaga. 

Keberadaan eceng gondok yang memenuhi sebagian permukaan telaga bukan hanya menganggu pemandangan. Menurut Irhamto, selain untuk pariwisata, Telaga Merdada memiliki arti penting bagi masyarakat sekitar. 

Bagi masyarakat sekitar, air telaga diambil untuk kebutuhan rumah tangga, baik mandi, cuci, kakus (MCK), bahkan untuk air minum dan memasak.  Ratusan rumah tangga tercukupi kebutuhan airnya dari telaga tersebut. 

Telaga Merdada juga menjadi sumber penting untuk pengairan lahan pertanian petani. Air telaga disedot menggunakan mesin pompa yang tersambung ke pipa menuju lahan petani. 

"Karena banyak yang membutuhkan air telaga, semua pihak yang berkepentingan, baik pemerintah, petani serta masyarakat sekitar baiknya bisa bersinergi untuk merawat telaga, " katanya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved