Breaking News:

Liputan Khusus

Prokontra Penutupan Destinasi Wisata Libur Lebaran, Kenapa Kesadaran Wisatawan Taati Prokes Minim?

Selama libur Lebaran ini ada sejumlah objek wisata di Jateng buka dan tutup, atau ditutup. Objek wisata dibuka untuk memenuhi kerinduan warga piknik

TRIBUNJATENG/Permata Putra Sejati
Keramaian pengunjung objek wisata Baturraden pada saat libur lebaran. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Selama libur Lebaran ini ada sejumlah objek wisata di Jateng buka dan tutup, atau ditutup. Objek wisata dibuka untuk memenuhi kerinduan warga piknik sekaligus meningkatkan roda ekonomi di masa pandemi.

Tutup dan ditutup sebagai upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Tribun Jateng melakukan penelusuran objek wisata mana saja yang buka dan tutup, bagaimana kondisinya, adakah klaster baru wisatawan, dan berapa besar dampak ekonomi dari pembukaan destinasi wisata tersebut.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah, Sinoeng Nugroho menyebut ada tujuh kabupaten yang menutup destinasi wisatanya.

"Total ada tujuh kabupaten, tiga di antaranya ada Magelang, Kebumen, dan Wonogiri. Kebijakan itu tentu berdasarkan dari analisis Satgas Covid terkait kondisi pandemi di wilayah masing-masing.

Memang, kami tidak merekomendasikan pembukaan destinasi wisata untuk zona merah dan kuning," tuturnya.

Adapun untuk tempat wisata yang dibuka wajib mematuhi aturan yang berlaku. Di antaranya membatasi kunjungan wisatawan maksimal hanya 30 persen dari kapasitas, lalu mengurangi durasi operasional, dan pengetatan protokol kesehatan.

"Saya akui, penerapan pembatasan kunjungan dan pengaturan ulang durasi jam operasional bisa kami terapkan.

Tetapi, ketaatan menggunakan masker dan jaga jarak masih sangat minim. Itu kembali lagi ke diri kita masing-masing untuk sadar betul bahwa terlalu berkerumun dan tidak menggunakan masker bisa berisiko menulari atau bahkan tertular virus," terang Sinoeng.

Dia tegaskan, berkali-kali minta kepada pengelola destinasi wisata untuk mengingatkan pengunjung supaya tidak abai menggunakan masker dan jaga jarak.

Halaman
1234
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved