Breaking News:

Berita Karaganyar

Sekitar 50 Persen Santri Ponpes di Karanganyar Sudah Kembali, Kemenag Imbau Perketat Prokes

Kemenag Kabupaten Karanganyar mengimbau kepada pengelola pondok pesantren (Ponpes) supaya memperketat protokol kesehatan menyusul mulai kembalinya san

Istimewa
Bupati Karanganyar, Juliyatmono secara simbolis memberangkatkan armada bus yang mengangkut para santri Ponpes Lirboyo di depan Kantor Setda Karanganyar, Senin (24/5/2021). 

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Kemenag Kabupaten Karanganyar mengimbau kepada pengelola pondok pesantren (Ponpes) supaya memperketat protokol kesehatan menyusul mulai kembalinya santri dari wilayah masing-masing. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribunjateng.com, dari 32 Ponpes di Kabupaten Karanganyar, sudah ada sekitar 50 persen santri yang sudah kembali ke pondok.

Ponpes yang sudah menerima santri di antaranya berada di wilayah Kecamatan Karanganyar, Beruk, Gondangrejo dan Karangpandan. Santri itu tidak hanya berada dari Karanganyar saja melainkan juga dari luar kota.

Kepala Kemenag Karanganyar, Wiharso menyampaikan, beberapa santri sudah kembali ke Ponpes sejak pasca lebaran. Sisanya ada santri yang kembali ke Ponpes untuk melanjutkan pembelajaran pada Juni hingga Juli. 

"Kita mengimbau kepada pengelola pondok pesantren, ketika santri datang ke Karanganyar atau pondok harus membawa surat keterangan sehat (rapid swab antigen), protokol kesehatan di pondok baik untuk santri dan ustad harus diperhatikan," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (24/5/2021). 

Dia mewanti-wanti supaya santri yang kembali ke Ponpes masing-masing harus dalam kondisi sehat. Di sisi lain, pengelola juga disarankan apabila santri sudah masuk ke area pondok supaya tidak ada aktivitas keluar masuk. 

Selama santri berada di dalam Ponpes, para wali santri diminta tidak melakukan kunjungan sementara waktu. Lanjutnya, pengelola pondok diharapkan dapat berkoordinasi dengan puskesmas setempat apabila ada santri yang bergejala supaya segera mendapatkan penanganan.

"Kalau ada anak yang tidak sehat bisa diisolasi di ruang tersendiri, tidak bercampur dengan santri lain," terangnya. 

Sebelumnya, sebanyak 93 santri asal Karanganyar telah menjalani rapid swab antigen sebelum kembali kemarin. Mereka diberangkatkan kembali ke Ponpes mulai hari ini. Bupati Karanganyar, Juliyatmono secara simbolis memberangkatkan tiga armada bus yang mengangkut para santri itu di depan Kantor Setda Karanganyar.

Halaman
12
Penulis: Agus Iswadi
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved