Breaking News:

Berita Karanganyar

Sempat Alami Kenaikan, Pasien Covid-19 Yang Dirawat di RSUD Karanganyar Mulai Menurun

Pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD Karanganyar mulai mengalami penurunan. Sebelumnya, momen Lebaran justru menunjukkan angka lonjakan.

Penulis: Agus Iswadi
Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karanganyar. 

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD Karanganyar mulai mengalami penurunan setelah sempat mengalami kenaikan sebelum serta selama lebaran.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribunjateng.com, RSUD Karanganyar memiliki total 320 Tempat Tidur (TT). Dari jumlah tersebut, sejumlah 119 TT digunakan untuk TT isolasi pasien Covid-19. 

Kabid Yanmed RSUD Karanganyar, Kristanto menyampaikan, pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD Karanganyar sebenarnya sempat mengalami penurunan hingga 50 persen pada akhir Februari-Maret-April 2021. 

"Tapi ketika mendekati lebaran, 11 Mei 2021 mulai mengalami peningkatan kasus Covid-19 yang dirawat di RSUD Karanganyar. Meningkat hingga 70-80 persen," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (24/5/2021). 

Dia menduga adanya kenaikan itu disebabkan karena mulai tingginya mobilitas masyarakat dan masyarakat tidak sepenuhnya menerapkan 5M seperti jaga jarak dan tidak mengenakan masker secara benar. 

Namun perkembangannya, pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD Karanganyar mulai mengalami penurunan mulai hari ini. 

"Penurunan mulai hari ini, pasien yang dirawat tinggal 55 persen," ucapnya. 

Baca juga: Arda Naff Kenang Masa PDKT dengan Tantri Kotak, Gadai BPKB Motor Supaya Bisa Ketemu

Baca juga: Putri Anne Semprot Netizen yang Kirim DM Instagram Tuding Arya Saloka Suaminya Selingkuh

Baca juga: Muncul Makam Fiktif untuk Wali Allah di Lebak, 12 Lubang Kubur yang Resahkan Warga Kini Dibongkar

Baca juga: Dirawat di Rumah Sakit, Hotman Paris Ingat Bos Apple Derita Kanker Meski Hartanya Triliunan

Menurutnya, dengan kondisi demikian kapasitas TT isolasi masih aman dan pasien yang datang ke RSUD Karanganyar masih bisa tertangani. Di sisi lain, kapasitas TT isolasi juga masih ideal sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 47 Tahun 2021, yakni 30 persen dari TT yang ada di rumah sakit. 

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar per Minggu (23/5/2021), tercatat ada 383 kasus aktif positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, 169 orang menjalani rawat inap dan 214 menjalani isolasi mandiri. 

Terpisah, Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Dwi Rusharyati mengungkapkan, pasien yang menjalani isolasi mandiri lebih banyak dibandingkan dengan pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan. 

Dari total 218 TT isolasi yang ada di 8 rumah sakit rujukan Covid-19, 123 TT terpakai dan menyisakan 95 TT. Dinas berupaya mengoptimalkan Jogo Tonggo, Satgas dan puskesmas setempat untuk menggencarkan kembali soal protokol kesehatan kepada masyarakat. 

Baca juga: Perbandingan Elektabilitas Ganjar & Puan Maharani dari 3 Lembaga Survei hingga Akar Rumput

Baca juga: Tanggapi Bambang Pacul PDIP, Ganjar: Saya Bermedsos Sejak di DPR Kok

Baca juga: Aksi Ganjar Makan Mi Tanpa Saus Jadi Perhatian, Netizen: Isyarat Kuning Merapat Tanpa Merah

Baca juga: PAMMI Jateng Kecam Dewi‎ Perssik yang Manggung di Acara Khitanan di Kudus

"Upaya pencegahan, digencarkan kembali soal protokol kesehatan dari hulu. Sekalipun sudah terus disampaikan kepada masyarakat," terangnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved