Breaking News:

Kantor Imigrasi Pati Tunjukkan Layanan Ramah Difabel Pas Kunjungan Siswa SLB

Rombongan Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Pati mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati, Selasa (25/5/2021).

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: Daniel Ari Purnomo
Istimewa
Rombongan Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Pati mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati, Selasa (25/5/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Rombongan Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Pati mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati, Selasa (25/5/2021).

Rombongan yang dipimpin Kepala SLBN Pati Sumarno ini terdiri atas guru dan siswa berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas) antara lain tunarungu, tunawicara, tunanetra, tunagrahita, dan tunadaksa. 

Kunjungan yang diinisiasi Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati ini bertujuan menyosialisasikan pelayanan keimigrasian yang ramah terhadap kaum difabel. 

Plh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati Widodo Ari Wibowo menyampaikan apresiasi atas kunjungan SLBN Pati.

"Kunjungan ini sebagai bentuk upaya kami untuk terus meningkatkan pelayanan kami terutama terhadap kaum difabel," ungkap dia. 

Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati sendiri telah berupaya meningkatkan sarana dan prasarana yang memadai untuk pelayanan keimigrasian kepada kaum difabel dengan menyediakan jalur tuna netra (safety rubber), buku informasi pelayanan dengan huruf braille, dan tablet untuk wawancara 2 arah dengan kaum tuna rungu dan tuna wicara yang akan dibantu oleh juru bahasa isyarat. 

"Dengan kunjungan ini kami juga berharap adanya masukan dari rekan-rekan SLBN untuk menjadi bahan evaluasi kami dalam rangka perbaikan ke depannya," tambah Kepala Seksi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Perjalanan Prihatno Juniardi. 

Kepala SLBN Pati Sumarno menyambut baik dan mengapresiasi upaya Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati dalam mewujudkan pelayanan publik ramah kaum difabel. 

"Ini sangat positif bagi kaum difabel. Kaum yang selama ini dianggap warga kelas dua diperhatikan secara khusus oleh pihak Imigrasi Pati," ungkap Sumarno. 

Deri, siswa tunarungu yang turut dalam kunjungan mengungkapkan rasa senang. 

"Saya senang sekali karena ini pertama kalinya saya datang ke Kantor Imigrasi Pati. Fasilitasnya bagus-bagus," ungkap Deri. 

Ke depannya Sumarno dan Wibowo Ari Widodo berharap adanya kerjasama yang sinergis antara SLBN Pati dan Kantor Imigrasi Pati untuk menyelenggarakan program pelatihan singkat bagi petugas Imigrasi dalam memberikan pelayanan keimigrasian bagi kaum difabel.

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved