Breaking News:

Berita Tegal

Salat Gerhana Bulan di Masjid Agung Kabupaten Tegal Berlangsung Terbatas

Meski masih pandemi, Salat Gerhana Bulan tetap berlangsung di Masjid Agung Kabupaten Tegal.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Meski masih di tengah pandemi Covid-19, Salat Gerhana Bulan (Khusuf al Qamar) tetap berlangsung di Masjid Agung Kabupaten Tegal, Rabu (26/5/2021). 

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, jemaah di

Gerhana Bulan dilihat dari Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang
Gerhana Bulan dilihat dari Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang (Prodi Ilmu Falak Fak Syariah dan Hukum UIN Walisongo)

wajibkan mematuhi prokes seperti mengenakan masker dan menjaga jarak satu sama lain saat melangsungkan salat.

Sementara itu, salat gerhana bulan berlangsung setelah jemaah selesai melaksanakan ibadah salat maghrib.

Adapun salat gerhana dilakukan sebanyak 2 rakaat. Masing-masing rakaat dikerjakan dengan 2 kali berdiri, 2 kali membaca Surat Alquran, 2 ruku, dan 2 sujud.

"Kami tetap mengimbau jemaah untuk mematuhi prokes, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan membawa sajadah atau mukenah sendiri dari rumah. Untuk  jarak shaf antar jemaah sudah kami atur dengan memberi tanda menggunakan selotip," ujar Ketua Yayasan Masjid Agung Kabupaten Tegal, Hasan Munawar, pada Tribunjateng.com.

Pada Salat Gerhana Bulan kali ini, berlaku sebagai imam yaitu KH. Syamsul Arifin, dan yang bertugas menjadi Khatib yaitu KH Satori.

Selesai melaksanakan salat, KH. Satori tak lupa memberikan khotbah yang pada kesempatan ini membahas mengenai fenomena Gerhana Bulan. 

Menurutnya gerhana bulan merupakan fenomena alam, semuanya sudah diatur oleh Allah Swt namun saat ini juga bisa dibuktikan dengan teknologi. 

Tapi biasanya ada sebagian masyarakat yang mengaitkan gerhana bulan dengan mitos-mitos seperti akan terjadi bencana atau kelahiran tokoh (orang-orang) besar. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved