Breaking News:

Berita Karanganyar

Umat Budha di Kerjo Karanganyar Gelar Ritual Sambut Detik-detik Waisak Secara Sederhana dan Terbatas

Umat Budha yang berada di Dusun Tawangrejo Karanganyar menyelenggarakan Tri Suci Waisak 2565 BE/2021.

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Umat Budha yang berada di Dusun Tawangrejo Desa Tawangsari Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan Tri Suci Waisak 2565 BE/2021 secara sederhana dan terbatas.

Ritual puja bakti detik-detik Waisak digelar di

Umat Budha mengikuti ritual Puja Bakti menyambut detik-detik Waisak di Vihara Avalokitesvara pada Rabu (26/5/2021).
Umat Budha mengikuti ritual Puja Bakti menyambut detik-detik Waisak di Vihara Avalokitesvara pada Rabu (26/5/2021). (Tribun Jateng/Agus Iswadi)

Vihara Avalokitesvara pada Rabu (26/5/2021). Di akses masuk vihara, sudah ada petugas khusus yang mengecek suhu tubuh dan mengarahkan umat untuk menggunakan hand sanitizer sebelum mengikuti ritual. 

Umat yang mengikuti ritual di vihara wajib mengenakan masker. Pihak vihara menyediakan masker gratis manakala ada umat yang lupa tidak membawa masker. Anggota Polsek Kerjo, Koramil dan Satpol PP terlihat berada di vihara untuk mengecek penerapan protokol kesehatan. 

Ketua DPD Walubi Karanganyar, Joko Wahyudi menyampaikan, umat Budha yang mengikuti ritual puja bakti terbatas warga setempat saja karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Jumlahnya sekitar 20-30 orang. 

"Umat Budha di Tawangrejo Tawangsari hanya sedikit jadi tidak perlu dikhawtirkan berkerumum dan hanya warga Tawangsari saja," katanya kepada Tribunjateng.com.

Sesepuh Vihara Avalokitsvara, Romo Suparjo mengatakan, sebelum pandemi memang pihak vihara mengundang umat Budha dari daerah lain seperti Kota Solo, Semarang dan kecamatan lain di Kabupaten Karanganyar.

"Kali ini undang kami terbatas," ucapnya. 

Dia menuturkan, Perayaan Hari Raya Trisuci Waisak tahun ini mengambil tema membangkitkan semangat persatuan untuk Indonesia maju. Dia berpesan kepada umat supaya selalu berbakti kepada Tuhan yang Maha Esa dan selalu mengabdi kepada pemerintah. 

"Apa yang terjadi saat ini, pandemi Covid-19, semoga cepat selesai dan Indonesia pulih kembali seperti sedia kala menjadi negara maju," ungkapnya. 

Sementara itu Kapolsek Kerjo, AKP Murtiyoko menuturkan, pengecekan ini untuk memastikan kegiatan ibadah berjalan lancar dan kondusif. Selain itu penerapan protokol kesehatan benar-benar dilakukan oleh pihak vihara. 

"Akhir-akhir ini kasus meningkat. Jangan sampai kegiatan ibadah menjadi kluster baru di wilayah Kerjo khususnya dan Karanganyar apda umumnya," pungkasnya. (*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved