Breaking News:

Berita Pati

Waisak 2565 BE, Umat Buddha Vihara Saddhagiri Pati Bagikan Bantuan Sembako

Adapun rangkaiannya meliputi pembukaan, puja bhakti, pesan kesan Waisak, Namaskhara/Sungkeman/Sujud kepada orangtua, penutup

TribunJateng.com/Mazka Hauzan Naufal
Dalam rangka memperingati Hari Raya Waisak 2565 BE, umat Buddha Vihara Saddhagiri Pati bagikan bantuan sembako pada warga yang membutuhkan, Senin (24/5/2021) 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Umat Buddha Vihara Saddhagiri, Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan pada Hari Raya Waisak 2565 BE, Rabu (26/5/2021).

Dayakasabha Saddhagiri Jrahi, Ngaripin, menjelaskan bahwa malam sebelum hari raya waisak, umat Saddhagiri menggelar ritual detik-detik Waisak tepat pada pukul 18.30 lebih 30 detik, yaitu ketika bulan bundar secara penuh atau disebut purnama Siddhi Waisak.

"Kami bersama puja bakti, puja purnama bulan visakha bersama-sama melakukan meditasi, menghormati dan merenungkan segala sifat luhur dari tiratana yaitu Buddha, dharma, dan sangha," ujar dia.

Ia menyebut, hal tersebut guna memperkuat saddha atau keyakinan yang benar berdasarkan tekad, membina paramita atau sifat baik yang berasal dari para leluhur, serta mengulang kembali dan merenungkan khotbah dari sang Buddha.

"Biasanya kami ada pradaksina juga. Namun, untuk tahun ini karena pandemi kami harus merayakan Tri Suci Waisak secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan," jelas dia.

Sebelumnya, umat Saddhagiri juga melakukan sejumlah ritual menyambut Tri Suci Waisak seperti puja bhakti sunday morning seperti rutinitas biasanya, meditasi, bakti sosial, Waisak Bersama Sekolah Minggu Buddha Metta Vihara Saddhagiri. 

Adapun rangkaiannya meliputi pembukaan, puja bhakti, pesan kesan Waisak, Namaskhara/Sungkeman/Sujud kepada orangtua, penutup.

Satu di antara umat Saddhagiri, Iyas Yulias, mengatakan bahwa terdapat perbedaan dengan peringatan hari raya Waisak sebelumnya. Ya

Sebelumnya, umat Vihara Saddhagiri belum pernah mengadakan bakti sosial pembagian sembako kepada umat lain yang membutuhkan, terutama untuk lansia dan warga tidak mampu.

"tahun ini berbeda, kami membagikan sembako pada sesama. Isinya berupa beras 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter, mie instan 5 bungkus. Dan sembako tersebut dibagikan untuk lebih dari 120 warga lansia dan warga tidak mampu RW 04 dan RW 05 Desa Jrahi," ungkap dia.

Ia bersama umat Saddhagiri yang lain berharap, semoga pandemi cepat berlalu dan dunia membaik, serta senantiasa selalu berbahagia. (mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved