Breaking News:

Pertamina Cilacap

Lomba Desa Mandiri Energi 2021, Pertamina Cilacap Nominasikan 2 Program Unggulan

Sebelumnya Pertamina Cilacap juara 1 DME 2019 untuk program Energi Mandiri Tenaga Surya dan Angin (E-Mas Bayu) dan Energi Mandiri Tambak (E-Mba Mina)

Editor: abduh imanulhaq
IST
Pertamina Refinery Unit wilayah Cilacap kembali ikut ambil bagian Lomba Desa Mandiri Energi (DME) 2021 yang diselenggarakan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAPPertamina Refinery Unit wilayah Cilacap kembali ikut ambil bagian Lomba Desa Mandiri Energi (DME) 2021 yang diselenggarakan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah.

Tahun ini, Pertamina menominasikan 2 program unggulan di Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut.

Rangkaian lomba DME 2021 kini memasuki tahap penilaian, ditandai visitasi Tim Penilai dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah ke lokasi program di Dusun Bondan, Jumat (21/5/2021).

Dua objek program yang dikunjungi adalah Sistem Desalinasi Air Berbasis Masyarakat (Sidesi Mas) dan Masyarakatku Mandiri melalui Tambak Polikultur Biofilter (Mas Kuter).

Dalam kesempatan itu Tim Penilai mendapatkan pemaparan program dari peserta lomba dan survei lingkungan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, terbatas dihadiri oleh beberapa perangkat desa dan dusun setempat.

Adapun Tim Penilai dipimpin oleh Profesor Kusmiyati, didampingi anggota Giyono dan Edi Sarwono.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Refinery Unit wilayah Cilacap, Hatim Ilwan menerangkan Sidesi Mas merupakan inisiatif Pertamina bekerjama dengan kampus Politeknik Negeri Cilacap.

“Inovasi ini fokus pada penyediaan air bersih yang layak konsumsi melalui sistem desalinasi air. Dampaknya masyarakat bisa mendapatkan air bersih dengan mudah dan harga murah,” katanya.

Lomba Desa Mandiri Energi (DME) 2021
Lomba Desa Mandiri Energi (DME) 2021 (Istimewa)

Sedangkan Mas Kuter merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina di mana siklus kehidupan satwa di tambak dipadukan dengan tanaman mangrove yang berperan sebagai pakan alami.

“Melalui kedua program ini, kami membuktikan komitmen pemberdayaan masyarakat, khususnya di wilayah terpencil, dengan memaksimalkan potensi dan kearifan lokal secara berkelanjutan," imbuh Hatim.

Sebelumnya Pertamina Cilacap meraih juara 1 DME 2019 untuk program Energi Mandiri Tenaga Surya dan Angin (E-Mas Bayu) dan Energi Mandiri Tambak (E-Mbak Mina) juga di Dusun Bondan.

Selanjutnya juara 3 DME 2020 dengan program unggulan tentang dampak ekonomi dari program E-Mas Bayu dan E-Mbak Mina, seperti usaha potong rambut, bengkel elektronik, mesin jahit, dan mesin penggiling tepung.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved