Breaking News:

Berita Batang

Pemkab Batang Gelontorkan Rp 400 Juta Beasiswa Mahasiswa dan Pelajar, Ada Kategori untuk Hafiz Quran

Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Batang akan menggelontorkan dana Rp 400 Juta untuk beasiswa bagi mahasiswa dan pelajar.

Penulis: dina indriani
Editor: moh anhar
Tribun Jateng/ Dina Indriani
ILUSTRASI: Sejumlah siswa di SD Negeri 1 Simbangdesa tulis kembali melaksanakan pembelajaran tatap muka, Senin (9/3/2021). 

Penulis : Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG -  Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Batang akan menggelontorkan dana Rp 400 Juta untuk beasiswa bagi mahasiswa dan pelajar.

Pendaftaran beasiswa yang diperuntukkan untuk pelajar SMA/K sederajat dan Mahasiswa ini dijadwalkan akan dimulai Juli atau awal tahun ajaran baru mendatang. 

"Untuk saat ini masih tahap finalisasi rancangan peraturan terkait pemberian bantuan biaya pendidikan, Insya Allah Juni kami mulai sosialisasikan. Pendaftarannya dimulai pada tahun ajaran baru mendatang atau sekitar bulan Juli," terang Sekretaris Disdikbud Batang, Sabar Mulyono, Kamis (27/5/2021).

Sabar menjelaskan beasiswa ini merupakan bantuan biaya pendidikan yang dianggarkan pada tahun 2021.

Secara total, Pemkab Batang menggelontorkan Rp 400 Juta. Rinciannya, Rp200 Juta untuk kalangan mahasiswa dan Rp 200 Juta untuk kalangan pelajar SMA/K sederajat. 

Adapun nantinya bantuan yang diberikan bersifat bantuan biaya pendidikan.

Beasiswa ini tidak mencakup bantuan biaya hidup lantaran masih menyesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah. 

"Jadi yang dicover adalah biaya pendidikan dan biaya bantuan buku dan lainnya, tidak termasuk biaya hidup. Sistem penerimaan beasiswanya akan diperbaharui setiap tahun, jadi belum tentu yang tahun ini lolos tahun depan masih bisa menerima asalkan masih memenuhi peringkat kuota penerima beasiswa," jelasnya. 

Beasiswa ini dikhususkan bagi pelajar kurang mampu ataupun berprestasi.

"Untuk prestasi bisa berupa prestasi akademik maupun non akademik  baik di bidang Agama, Seni, Olahraga, Budaya atau kegiatan ekstrakurikuler," imbuhnya.

Selain itu, juga pernah ikut berpartisipasi sebagai pasukan pengibar bendera (paskibra) tingkat Kabupaten, Provinsi atau Nasional.

Pernah ikut berpartisipasi atau dikirim sebagai perwakilan Batang dalam berbagai kegiatan perlombaan.

Atau mampu menghafal Alquran minimal 4 Juz yang dibuktikan dengan surat keterangan/lulus tahfidz Al Quran atau sejenisnya. 

"Nantinya mereka akan diperingkatkan sesuai dengan poin dari persyaratan yang pendaftar kirimkan, jika masuk dalam kuota penerima bantuan maka nantinya mereka akan mendapatkan bantuan biaya hidup selama satu tahun," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved