Breaking News:

Berita Banjarnegara

Perayaan Waisak di Banjarnegara, Pemuda Muslim Siaga di Wihara hingga Jaga Rumah Umat Budha

Ada yang bersiaga di Wihara Metta Mandala untuk mengamankan umat Budha yang sedang beribadah

TribunJateng.com/Khoirul Muzaki
Pelaksanaan ritual ibadah di wihara dusun Pringamba Desa Aribaya Kecamatan Pagentan 

TRIBUNJATENG. COM, BANJARNEGARA - Perayaan Waisak di Kecamatan Pagentan, Banjarnegara semalam, Rabu (26/5/2021) terasa spesial.

Toleransi antar umat beragama terlihat kental. Saat umat Budha khusyuk melaksanakan ibadah di wihara, sejumlah pemuda muslim berjaga di luar. 

Mereka ingin menjamin pelaksanaan ibadah umat Budha berjalan aman. Di Desa Aribaya, tepatnya di Dusun Pringamba misalnya, 30 an pemuda yang tergabung dalam Forum Remaja Masjid Pringamba (Formap) bersemangat memberikan pengamanan. 

Di luar mereka, ada juga banyak unsur lain semisal Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kecamatan Pagentan, Banser, KOKAM, POLRI, TNI, PMI, Destana serta lainnya. 

Wakil Ketua Formap Teguh Pamuji mengatakan, pihaknya membantu mengamankan setiap kegiatan pada perayaan umat Budha di desanya.

Ada yang bersiaga di Wihara Metta Mandala untuk mengamankan umat Budha yang sedang beribadah. 

"Kami berjaga di wihara, serta mengamankan di jalan saat umat Budha berkeliling kampung untuk berdoa, " katanya, Kamis (27/5/2021) 

Bukan hanya di wihara, sebagian remaja masjid berpatroli ke kampung-kampung yang dihuni umat Budha. Saat merayakan Waisak di wihara, umat Budha meninggalkan rumah-rumah mereka. 

Ini tak ayal melahirkan kerawanan tersendiri hingga berisiko kemalingan. Karena itu, pihaknya berinisiatif untuk menjaga rumah-rumah umat Budha yang sedang pergi merayakan hari besar mereka. 

Dengan begitu, umat Budha akan lebih tenang dalam menjalankan ibadah di wihara tanpa khawatir rumahnya kebobolan. 

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved