Breaking News:

Prodi D3 Akuntansi Undip PSDKU Pekalongan Ajak Mahasiswa Lihat Potensi Ekonomi Wilayah Perbatasan

Program studi D3 Akuntansi Universitas Diponegoro (Undip) Kampus PSDKU Pekalongan, menggelar kuliah umum tentang Akuntansi Sektor Publik.

Istimewa
Mahasiswa Prodi D3 Akuntansi Undip PSDKU Pekalongan mengikuti kuliah umum secara daring, Kamis (27/5/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Program studi D3 Akuntansi Universitas Diponegoro (Undip) Kampus PSDKU Pekalongan, menggelar kuliah umum tentang Akuntansi Sektor Publik (ASP) secara daring di Gedung SA-MWA Undip, Kamis (27/5/2021).

Dalam kuliah umum tersebut, menghadirkan anggota Komisi XI DPR RI, Musthofa, selaku dosen tamu untuk mata kuliah Akuntansi Sektor Publik (ASP), dan Rektor Universitas Burneo Tarakan, Prof. Adri Patton.

"Dengan hadirnya para narasumber, diharapkan mahasiswa program studi D3 Akuntansi Universitas Diponegoro (Undip) Kampus PSDKU Pekalongan dapat melihat potensi ekonomi wilayah perbatasan," kata dosen D3 Akuntansi Undip PSDKU Pekalongan, Imam Prayogo.

Ia mengatakan, Akuntansi Sektor Publik (ASP) ialah bidang ilmu akuntansi yang mempelajari tentang kinerja pemerintah daerah. Kinerja pemerintah daerah dapat dilihat dari realisasi APBD maupun APBN.

"Pemekaran wilayah sangatlah membantu dalam pembangunan daerah. Hal ini juga terjadi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Pemekaran wilayah di daerah perbatasan sangatlah penting," kata Imam Prayogo.

Menurutnya, jika mahasiswa memiliki semangat, visi-misi kuat dalam hidupnya maka bukan tak mungkin nantinya alumni D3 Akuntansi PSDKU Pekalongan ini menjadi profesional akuntan handal atau akuntan pemerintah di daerah-daerah perbatasan.

"Adanya dosen tamu dari Komisi XI DPR dan Tokoh Perbatasan ini, memberikan kesempatan berinteraksi langsung dengan legislatif dan eksekutif. Ini adalah kesempatan baik bagi mahasiswa," jelas Imam.

Imam menambahkan, semangat juang dan langkah riil dalam menggapai mimpi ditunjang dengan jam terbang memadai membuat laporan keuangan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa akuntansi.

"Sehingga, bukan tidak mungkin, nantinya alumni D3 Akuntansi PSDKU Pekalongan akan berperan besar di daerah-daerah perbatasan," ujarnya.

Dalam kuliah umum tersebut, anggota Komisi XI DPR RI, Musthofa, mengatakan bahwa dalam pengelola daerah (pemda) harus berhati-hati dan mematuhi regulasi. Ia pun berbagi pengalamannya yang pernah menjabat sebagai Bupati Kudus.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved