Breaking News:

Berita Sragen

 Bupati Sragen Panen Kelengkeng di SMKN 1 Kedawung : Didik Anak Bangga Jadi Petani Milenial

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Wakil Bupati Suroto melakukan panen kelengkeng di SMKN 1 Kedawung, Sragen, Jumat (28/5/2021)

TribunJateng.com/Mahfira Putri
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama siswa SMKN 1 Kedawung ketika panen kelengkeng, Jumat (28/5/2021) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Wakil Bupati Suroto melakukan panen kelengkeng di SMKN 1 Kedawung, Sragen, Jumat (28/5/2021).

Menaiki sepeda ontel, Yuni beserta rombongan berangkat dari rumah dinas Bupati Sragen menuju SMK Negeri 1 Kedawung, Sragen.

Panen kelengkeng di kebun sekolah itu, Yuni didampingi para siswa SMKN 1 Sragen. Turut membersamai sejumlah kepala OPD Sragen.

Dalam kesempatannya, Bupati Yuni Sukowati berharap guru-guru dapat berkolaborasi untuk mendidik anak-anak bangga menjadi petani milenial.

"Potensi tanah kita memang agraris, kami berharap dapat dikelola secara profesional. Kami berharap para tenaga pengajar bisa berkolaborasi dengan baik mendidik anak-anak."

"Membuatnya bangga menjadi petani milenial. Bahwa petani adalah profesi yang mulia, sama dengan dokter misalnya. Hanya berbeda di alatnya yakni suntik dan gunting untuk panen kelengkeng," kata Yuni.

Untuk hasil dari bertani, Yuni berharap agar petani milenial bisa mempromosikan ke media sosial. Yuni mengaku mendukung sepenuhnya upaya tersebut.

Sementara itu, pembina perkebunan di SMKN 1 Kedawung, Sudarman mengatakan setidaknya ada 10 jenis kelengkeng yang ditanam di lahan seluas 0,7 hektare.

Dari 10 jenis kelengkeng ini, kelengkeng jenis itohsuper paling mendominasi. Dari sebanyak 286 pohon kelengkeng, 270an pohon merupakan pohin kelengkeng jenis itohsuper.

Dipilihnya Itohsuper karena daging buah lebih tebal dan biji lebih kecil. Selain itu, jenis ini tidak akan berbuah jika tidak dibuahkan. Masa panen sendiri bisa diatur oleh petani.

Halaman
12
Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved