Breaking News:

BERITA NASIONAL

Dr Aqua: Petugas Lapas Dituntut Bantu Tuntaskan Permasalahan Warga Binaan

Menjalani profesi atau pekerjaan membina warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan adalah hal yang sangat mulia.

Penulis: erwin adrian | Editor: erwin adrian
ISTIMEWA
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana memberikan materi dalam Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua pada Selasa pagi (25/5/2021) di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, Provinsi Papua. 

TRIBUNJATENG.COM, JAYAPURA---Menjalani profesi atau pekerjaan membina warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan adalah hal yang sangat mulia. Jika menjalankan pekerjaan dengan sepenuh hati dan diniatkan sebagai bagian dari ibadah maka semua pegawai di tempat itu memiliki potensi masuk surga.

Baca juga: Video Mal Pelayanan Publik Karanganyar Mulai Dibangun

Baca juga: Kisruh PDIP Vs Ganjar: Saya Sangat Hormat Sama Mbak Puan, Saya Tak Pernah Berkonflik dengan Beliau

Baca juga: Detik-detik Kecelakaan Helikopter Latih Jenis R44 di Danau, Ini Nasib Dua Penumpangnya

Baca juga: Truk Gandeng Kecelakaan Terguling di Jalur Pantura Semarang-Demak: Besi Sambungan Gandengan Putus

“Hal ini karena pekerjaan membina warga binaan sangatlah mulia. Masuk surga itu bisa terwujud, jika kita selalu bekerja profesional dan melaksanakan semua amanah secara konsisten. Melayani setiap orang tanpa pamrih. Hanya mengharapkan ridho dan balasan dari Tuhan,” demikian disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana pada kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemasyarakatan kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua pada Selasa pagi (25/5/2021) di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, Provinsi Papua. 

Acara tersebut dihadiri puluhan pejabat Kanwil Kemenkumham Papua termasuk Kakanwil Anthonius M Ayorbaba. Sedangkan dari kantor pusat yang datang adalah Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Pemasyaraktan Abdul Aris.

Dr Aqua membawakan materi berjudul "Menumbuhkan Etos Kerja Petugas Melalui Kemampuan Diri".

Doktor jebolan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat tersebut menegaskan bahwa semua warga binaan yang masuk ke Lembaga Pemasyarakatan adalah orang yang bermasalah. Untuk itu seluruh petugas harus membantu menuntaskan masalahnya, minimal mengeleminirnya.

Lebih jauh, pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu menegaskan bahwa semua warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan mestilah dilayani dengan mengedepankan nurani atau hati serta senantiasa hati-hati. Dengan demikian, setiap mereka yang menjalani hukuman di dalamnya akan terdorong menyadari kesalaan mereka dan bertaubat untuk tidak mengulangi hal serupa.

"Semua warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan adalah saudara kita. Karena itu pendekatan kepada mereka harus dengan hati dan hati-hati. Selalulah menjadi pelayan yang baik. Melakukannya tanpa pamrih. Hanya mengharapkan ridho dan balasan dari Tuhan," ujar Dr Aqua yang efektif selama tiga hari di Papua melaksanakan Sharing  Komunikasi dan Motivasi sebanyak tujuh sesi.

Menurut Dr Aqua, setiap pelayan itu pekerjaannya sangat mulia. Membantu orang banyak dan mencarikan solusi atas semua masalah yang ada. 

Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu mengatakan bahwa kehadirannya di Papua yang merupakan undangan Theo, panggilan akrab Anthonius M Ayorbaba, adalah untuk melayani seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Papua termasuk peserta Rakernis Pemasyarakatan dan para warga binaan.

"Pada Sharing Komunikasi dan Motivasi di Rakernis Pemasyarakatan ini saya merasa terhormat menjadi pelayan bapak-bapak dan ibu-ibu. Tidak banyak orang yang kualifikasinya Pakar Komunikasi dan Motivator mendapat kesempatan emas seperti saya ini. Makanya amanah yang diberikan Pak Theo harus saya optimalkan agar beliau yang memberi kepercayaan tidak kecewa," kata Dr Aqua dengan rendah hati.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved