Breaking News:

Sudah 50.100 Orang Meninggal Dunia, Kasus Covid-19 di Indonesia Masih Mengkhawatirkan

Pada Jumat (28/5), terdapat penambahan 193 kasus kematian akibat covid-19 dalam 24 jam terakhir, sehingga membuat jumlah total mencapai 50.100 kasus.

Editor: Vito
https://covid19.go.id/
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Pandemi covid-19 di Indonesia masih mengkhawatirkan. Angka kematian akibat covid-19 di negeri ini menembus 50.000 kasus pada Jumat (28/5).

Dikutip dari data covid19.go.id, terdapat penambahan 193 kasus kematian dalam 24 jam terakhir. Tambahan itu membuat total kasus kematian akibat covid-19 di Indonesia mencapai 50.100 kasus.

Angka kematian pada Jumat tersebut merupakan yang tertinggi dalam sepekan terakhir.

Sementara itu, terdapat penambahan 5.862 kasus konfirmasi positif covid-19 pada Jumat kemarin, sehingga total kasus infeksi virus corona di Indonesia mencapai 1,8 juta kasus. Sementara itu, kasus sembuh bertambah 5.370, sehingga totalnya menjadi 1,65 juta.

Juru Bicara Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyebut, adanya potensi kenaikan kasus menyusul arus balik yang mengalami peningkatan dalam 5 hari pasca Idulfitri 2021.

"Dengan adanya tren kenaikan arus balik, bukan tidak mungkin terjadi penularan di tengah masyarakat, karena orang yang pulang dari bepergian berpotensi membawa virus," katanya, dalam keterangan pers, Jumat (28/5).

Wiku menyebut, berdasar data-data yang disampaikan dalam beberapa konferensi pers terakhir, sudah mulai menunjukkan tren kenaikan kasus covid-19.

Hal itu disebut menyusul tingginya mobilitas penduduk pada periode Idulfitri. "Ini konsekuensi yang harus kita hadapi, dari tidak dilaksanakannya kebijakan secara menyeluruh oleh masyarakat," ungkapnya.

Wiku pun berharap seluruh pemda dan masyarakat untuk terus siaga dan terus meningkatkan penanganan kasus covid-19.

"Karena kesiapsiagaan adalah kunci untuk berhasil menghadapi perubahan situasi yang mungkin terjadi secara cepat dan signifikan," jelas Wiku.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved