Breaking News:

Berita Jateng

Tanggapi Kasus Ayah Setubuhi dan Bunuh Anak di Kudus, DPRD Jateng: Perda Perlindungan Anak Segera

Gadis berusia 16 tahun di Kudus yang ditemukan tewas dalam dapur ternyata dibunuh ayahnya sendiri.

Istimewa
Anggota Komisi E DPRD Jateng, Umar Utoyo 

Penulis: Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG -- Gadis berusia 16 tahun di Kudus yang ditemukan tewas dalam dapur ternyata dibunuh ayahnya sendiri.

Pelaku berinisial Slamet mengaku nekat karena anaknya menolak saat diajak berhubungan badan.

Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, Umar Utoyo menuturkan, sangat prihatin atas kasus ini. Ia juga mendesak aparat penegak hukum untuk memberikan hukuman seberat-beratnya.

"Memprihatinkan. Seorang ayah wajib memenuhi hak anak dan melindungi sang anak dengan sebaik-baiknya. Kasus itu harus ditangani secara tepat," kata Umar, Jumat (28/5/2021).

Politikus Gerindra ini mengungkapkan penanganan secara tepat yang dimaksud yakni mengacu kepada UU tentang Perlindungan Anak yakni UU 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Hal itu agar pelaku bisa dihukum seberat-beratnya. Sehingga ada efek jera dan kasus seperti itu bisa ditekan.

"Peraturan daerah (Perda) terkait perlindungan anak sesegera mungkin bisa dirampungkan. Hal itu mengacu pada kasus yang berhubungan dengan anak meningkat tajam dari tahun ke tahun," jelas legislator yang juga seorang dokter ini.

Seperti diketahui, beberapa kasus terkait anak terjadi di Jawa Tengah. Selain Kudus, beberapa waktu terakhir, terjadi kasus penganiayaan terhadap anak di Temanggung. Seorang bocah, A (7) dianiaya hingga meninggal dunia oleh orangtuanya sendiri.

Ia membeberkan sejumlah kasus yang terkait anak antara lain eksploitasi anak sebagai pengemis dan anak jalanan, meningkatnya pernikahan anak, munculnya pekerja seks anak, proses pengadilan terhadap anak, banyak anak yang putus sekolah, meningkatnya jumlah anak penghuni lapas dan rutan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved