Breaking News:

Berita Video

Video Ekspor Ratusan Motor Bodong dari Pati ke Timor Leste Digagalkan Polisi

Jajaran Polda Jawa Tengah dan Polres Pati berhasil menggagalkan upaya pengiriman ratusan kendaraan bodong yang akan diekspor secara ilegal.

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Berikut ini video ekspor ratusan motor bodong dari Pati ke Timor Leste digagalkan polisi.

Jajaran Polda Jawa Tengah dan Polres Pati berhasil menggagalkan upaya pengiriman ratusan kendaraan bodong yang akan diekspor secara ilegal.

Sebanyak 325 unit sepeda motor dan 41 mobil hasil kejahatan tersebut hendak diselundupkan ke Timor Leste oleh sindikat penadah yang berbasis di Pati, Jawa Tengah.

Pemesan kendaraan bodong tersebut ialah seseorang berinisal "A" di Timor Leste.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menjelaskan, kasus ini mulanya terungkap ketika petugas Polsek Juwana menemukan 57 unit sepeda motor dan 11 unit mobil bodong di sebuah gudang yang berada di sisi selatan Jalan Raya Pati-Juwana, turut Desa Gadingrejo, Kecamatan Juwana, pada 19 Mei 2021 lalu.

“Kemudian dilakukan pengembangan dan kami berhasil mengamankan barang bukti lain di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” ujar dia dalam konferensi pers di TKP gudang di Juwana.

Selanjutnya, berkoordinasi dengan Pelindo Pelabuhan Tanjung Emas, polisi menemukan belasan kontainer kendaraan bodong yang siap kirim.

Saat ini, polisi telah menahan total 17 kontainer berisi kendaraan bodong siap kirim.

“Hasil pemeriksaan dari para tersangka, ada 9 yang kami amankan, modus yang mereka lakukan mengelabui petugas. Seolah kendaraan akan dikirim ke Kalimantan. Tapi ternyata akan dikirim ke negara Timor Leste, dan operasi mereka ini sudah berlangsung 3 tahun,” papar dia.

Ia menyebut, para pelaku membeli sepeda motor yang tak dilengkapi surat-surat (tanpa BPKB) dengan harga tidak wajar (murah) secara daring dengan sistem COD (Cash on Delivery).

Halaman
123
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved