Breaking News:

Berita Banjarnegara

Menag Gus Yaqut Revitalisasi KUA, Banjarnegara Jadi Percontohan

Menag Yaqut Cholil Qoumas bertekad akan merevitalisasi layanan Kantor Urusan Agama (KUA) di seluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai 5.945 unit leb

Editor: m nur huda
Istimewa
Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas saat melakukan Pencanangan Revitalisasi KUA di KUA Banjarnegara, Sabtu (29/5/21) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas bertekad akan merevitalisasi layanan Kantor Urusan Agama (KUA) di seluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai 5.945 unit lebih.

Dengan revitalisasi ini, maka ke depan KUA akan memiliki layanan keagamaan yang lebih mudah, kredibel dan transparan.

Pada 2021 ini, total ada 100 KUA yang menjadi target revitalisasi.

Untuk proyek percontohan (role model), tahun ini ada enam KUA yang direvitalisasi.

Yakni KUA Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara (Jawa Tengah); KUA Kecamatan Ciawi Gebang, Kabupaten Kuningan (Jawa Barat); KUA Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul (Daerah Istimewa Yogyakarta); KUA Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo (Jawa Timur), KUA Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah (Lampung); dan KUA Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar (Sulawesi Selatan).

Revitalisasi akan dilanjutkan pada 2022 yang menyasar 1.000 KUA hingga diharapkan tuntas seluruhnya pada 2024 mendatang.

"KUA harus menjadi pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel dan moderat dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama. Setiap pelayanan KUA harus berpegang pada prinsip moderat, inklusif, mudah, handal, kredibel, dan transparan," ungkap Menag Yaqut saat melakukan Pencanangan Revitalisasi KUA di KUA Banjarnegara, Sabtu (29/5/21) malam sebagaimana keterangan tertulisnya.

Menag mengatakan, revitalisasi KUA saat ini sangat penting dilakukan karena layanan paling terdepan Kementerian Agama ini bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Atas dasar ini, Menag akhirnya menetapkan Revitalisasi KUA sebagai salah satu dari tujuh kebijakan prioritas Kementerian Agama.

Peningkatan layanan antara lain dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital, sehingga layanan di KUA makin mudah diakses masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved