Breaking News:

Menteri Teten Dorong Koperasi Jadi Solusi Pembiayaan Pelaku Usaha Mikro

lembaga pembiayaan formal seperti perbankan masih takut untuk memberikan pembiayaan ke usaha mikro, sehingga koperasi harus hadir menjadi jawaban.

Editor: Vito
KOMPAS.com- BUDIYANTO
Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menekankan, keberadaan koperasi harus mampu menjadi solusi pembiayaan bagi para pelaku usaha mikro di Indonesia.

Menurut dia, lembaga pembiayaan formal seperti perbankan masih takut untuk memberikan pembiayaan ke usaha mikro, sehingga koperasi harus hadir menjadi jawaban.

“Apalagi saat ini kami juga tengah mendorong koperasi simpan pinjam (KSP) aktif membiayai sektor produktif, tak hanya perdagangan," ujarnya, dalam keterangannya, Minggu (30/5).

KSP diminta tak hanya membiayai sektor pedagangan, tapi juga sektor produktif seperti pertanian, perkebunan, dan perikanan. Di sektor-sektor tersebut perbankan tak mau masuk karena dinilai terlalu berisiko.

"Lalu siapa yang bantu (sektor produktif-Red)? Koperasi, diharapkan memperkuat ekonomi rakyat di sektor pangan produktif, dengan memberikan akses pembiayaan yang mudah dan murah," tegas Teten.

Jika itu semua dikelola dengan baik, menurut dia, usaha mikro mampu menjadi pemasok bahkan eksportir produk holtikultura maupun buah tropis.

Ia mencontohkan seperti Norwegia yang saat ini pendapatan negaranya banyak disokong dari budidaya ikan salmon.

"Sekarang ini seluruh dunia sedang mencari keunggulan domestiknya apa, seperti di Norwegia. Bukan lagi mencari investor untuk bangun pabrik," imbuhnya.

Kemenkop UKM juga mendorong digitalisasi, mengingat ekonomi digital Indonesia diramal akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, dengan potensi pada 2025 ditaksir mencapai 124 miliar dollar AS, atau Rp 1.748 triiun. (Tribunnews/Reynas Abdila)

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved