Breaking News:

Berita Kendal

Tak Lagi Bisa Mengelak, 317 Pelanggar Lalu Lintas Terjaring ETLE di Kendal, Surat Tilang Dikirim Pos

Sebanyak 317 pelanggar lalu lintas terjaring kamera pengawas Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kabupaten Kendal.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM
Petugas memperlihatkan gambar pelanggar lalu lintas yang tertangkap kamera pengawas ETLE selanjutnya dikirimkan ke alamat pemilik kendaraan yang bersangkutan, Minggu (30/5/2021). 

Penulis: Saiful Masum

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Sebanyak 317 pelanggar lalu lintas terjaring kamera pengawas Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kabupaten Kendal.

Jumlah tersebut terdata sejak program ETLE mulai diaktifkan serentak untuk menjaring para pelanggar lalu lintas berbasis elektronik.

Pemanggilan terhadap pelanggar melalui surat pemberitahuan yang dikirimkan petugas Pos sudah dilakukan.

Hasilnya, sebanyak 250 pelanggar sudah dijatuhi tilang setelah melakukan konfirmasi di pusat pelayanan ETLE Polres Kendal. 

Rencananya, 250 berkas penilangan berupa bukti pembayaran dan surat tilang bakal diserahkan ke Pengadilan Negeri Kendal diteruskan ke Kejaksaan Negeri pada, Senin (31/5/2021).

Kasatlantas Polres Kendal, AKP Heri Condro Ribowo mengatakan, penyerahan berkas dari kepolisian ke Pengadilan Negeri dilakukan setelah jumlah berkas yang ditentukan mencukupi. Selanjutnya, berkas dilimpahkan kepada Kejaksaan Negeri untuk ditindaklanjuti. 

"Rencana Senin depan baru kami serahkan sebanyak 250 berkas pelanggaran. Selain itu, pelanggar lainnya masih dalam proses pemanggilan," tuturnya, Minggu (30/5/2021).

Baca juga: Studio Seni Foto Gerak Cepat, Legendaris dan Saksi Sejarah Kampung Melayu Semarang

Baca juga: Setelah Tragedi Perahu Tenggelam, Waduk Kedung Ombo Boyolali Kembali Makan Korban

Baca juga: Cerita Bripka Eka Personel Polresta Solo Ikuti Misi Perdamaian PBB di Afrika Tengah 

Baca juga: Direlokasi, Pedagang Pasar Sapi Keluhkan Sepinya Pembeli di Pasar Andong

Menurutnya, jumlah pelanggar didominasi pengendara sepeda motor. Dengan jenis pelanggar terbanyak dikarenakan tidak memakai helm. 

Jumlah pelanggar yang terekam kamera ETLE akan terus bertambah mengingat saat ini sudah terpasang kamera pengawas di beberapa titik. Di antaranya, persimpangan ungup-ungup Weleri, Cepiring, pertigaan Ketapang, dan alun-alun Kota Kendal.

Selain itu, tim penindak pelanggaran lalu lintas mobile akan terus bergerilya memotret para pelanggar di sepanjang jalan raya Kendal.

Sasarannya adalah para pelanggar kasat mata seperti tidak memakai helm hingga melanggar rambu-rambu jalan. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved