Breaking News:

Berita Video

Video Studio Seni Foto Gerak Cepat Sejarah Kampung Melayu Semarang

Di Kampung Melayu Semarang yang bersejarah ada studio foto legendaris yang moncer pada masanya, bernama "Studio Seni Foto Gerak Cepat".

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Berikut berita video Studio seni foto gerak cepat sejarah Kampung Melayu Semarang.

Menelusuri jalan Layur Semarang masih akrab dengan bangunan-bangunan bersejarah.

Tak hanya Masjid Layur yang khas dengan bangunan mercusuarnya (kini menjadi menara), di jalan yang di antaranya terkenal dengan sebutan Kampung Melayu ini juga terdapat studio foto legendaris yang moncer pada masanya, bernama "Studio Seni Foto Gerak Cepat".

Terletak di sudut tikungan jalan bernomor 121 Jalan Layur, Dadapsari, Semarang Utara, siapa pun yang melintas akan dengan mudah menemukan studio seni foto gerak cepat ini.

Namun lantaran telah lama tak beroperasi dan papan nama besar yang semula terpasang di muka bangunan kini telah diturunkan, orang awam tak akan nyana jika tempat ini turut menyimpan bukti sejarah panjang Kota Semarang, terutama keberadaan Kampung Melayu.

Studio seni foto gerak cepat dahulu mejadi satu di antara bangunan yang "menyambut" kedatangan pedagang-pedagang dari berbagai negara.

"Usia bangunan ini sudah hampir 200 tahun, sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Kalau saya ikut bapak saya mulai menempati bangunan ini sejak tahun 1970-an.

Wah dulu di kawasan ini kan pelabuhan, ramai sekali orang jualan.

Bapak saya mulai buka usaha air ledeng sekaligus studio jasa foto ini, kok ramai," kenang Nurul Hidayah, penghuni bangunan tersebut yang merupakan anak dari Ali Mahroos bin Abdullah Mahroos pemilik studio itu saat ditemui tribunjateng.com baru-baru ini.

Halaman
1234
Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved