Breaking News:

Berita Pekalongan

Besok Hari Lahir Pancasila, Ini Pesan Kesbangpol Pekalongan

Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemkab Pekalongan akan imbau kibarkan bendera merah putih satu tiang.

Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pekalongan Haryanto Nugroho. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Memperingati Hari Lahir Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni 2021 mendatang, Pemkab Pekalongan akan mengimbau kepada masyarakat dan instansi perkantoran untuk mengibarkan bendera merah putih satu tiang penuh.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pekalongan Haryanto Nugroho.

"Di Kabupaten Pekalongan kita sesuai dengan arahan dari kementerian dalam negeri maupun Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bahwa tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila, diperingati dengan masyarakat dan instansi mengibarkan bendera merah putih satu tiang penuh pada tanggal tersebut," ungkap Kepala Kesbangpol Kabupaten Pekalongan Haryanto kepada Tribunjateng.com, Senin (31/5/2021) siang.

Selain itu juga, instansi pemerintah akan mengikuti upacara memperingati hari lahir Pancasila secara virtual.

Masyarakat juga diimbau untuk, mengikuti upacara tersebut melalui laman Youtube, Facebook, Instagram milik BPIP.

"Sehingga di Kabupaten Pekalongan, kita agendakan besok Forkompinda, lalu OPD-OPD, termasuk kecamatan sampai dengan pemerintah desa atau kelurahan kita arahkan untuk mengikuti arahan tersebut," imbuhnya.

Dalam hari Lahir Pancasila, Haryanto mengatakan, momentum ini harus dimaknai dengan upaya membangun kebersamaan, persatuan dan kesatuan, serta senantiasa berpedoman dengan nilai-nilai Pancasila.

"Tema peringatan hari Lahir Pancasila yaitu Pancasila dalam tindakan, bersatu untuk Indonesia tangguh, tentu kita berharap bahwa tema itu tidak hanya sekedar tema saja, tetapi bisa dimaknai sungguh-sungguh oleh seluruh komponen masyarakat. Artinya, setiap tindakan kita, sesuai dengan ideologi yang sampai saat ini kita pegang yaitu ideologi Pancasila sehingga perwujudan Pancasila dalam tindakan itu betul-betul bisa terwujud," katanya. (*)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved