Breaking News:

Berita Kendal

Cegah Klaster Covid-19 Meluas, Dinkes Vaksinasi 106 Lansia di Ngareanak Kendal

Dinas Kesehatan melakukan vaksinasi 106 warga lanjut usia Desa Ngareanak, Kecamatan Singorojo, Kendal.

Istimewa
Petugas kesehatan Puskesmas Singorojo melakukan vaksinasi Covid-19 bagi lansia Desa Ngareanak, Kecamatan Singorojo, Kendal. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Dalam rangka mencegah meluasnya klaster baru penyebaran Covid-19 di RT 3 RW 5 Desa Ngareanak, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Dinas Kesehatan melakukan vaksinasi 106 warga lanjut usia di desa tersebut. Dengan tujuan, vaksinasi dapat menambah kekebalan tubuh lansia yang rentan terhadap serangan virus.

Sekretaris Desa Ngareanak, Udiawan mengata

Petugas kesehatan Puskesmas Singorojo melakukan vaksinasi Covid-19 bagi lansia Desa Ngareanak, Kecamatan Singorojo, Kendal.
Petugas kesehatan Puskesmas Singorojo melakukan vaksinasi Covid-19 bagi lansia Desa Ngareanak, Kecamatan Singorojo, Kendal. (Istimewa)

kan, vaksinasi sudah berlangsung sejak akhir pekan kemarin dengan target 298 lansia. Hanya saja, pada skrining tahap pertama, hanya 106 lansia yang lolos kategori pemberian vaksin. Sisanya dilakukan vaksinasi ulang setelah beberapa hari. 

Ia mengatakan, program percepatan vaksinasi ini tindak lanjut adanya klaster penyebaran Covid-19 di salah satu RT-nya. Pihaknya berharap, kasus corona di desanya bisa dibatasi dan ditekan secara bertahap agar tidak meluas. 

"Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di balaidesa dengan disaksikan langsung pak Sekda dan dari Dinas Kesehatan. Vaksinasi ini juga diharapkan dapat menambah rasa aman warga lain dalam beraktifitas, namun protokol kesehatan tetap harus diutamakan," terangnya, Senin (31/5/2021).

Sekda Kendal, Moh Toha melanjutkan, percepatan vaksinasi terus dikebut kepada lansia dan pelayan publik. Ia juga mengimbau kepada tenaga kesehatan agar melanjutkan tracing untuk mengetahui seberapa jauh penyebaran virus. Sehingga, bisa dilakukan penanganan lebih dini dan intensif. 

"Edukasi vaksin kepada lansia akan terus diupayakan agar bisa menekan laju pertumbuhan kasus Covid-19, juga edukasi penerapan protokol kesehatannya. Kami sudah cek perkembangan kasus di Ngareanak, hasilnya sudah banyak upaya yang dilakukan oleh pemdes dan kecamatan. Semoga kasus di sini tidak berkembang lagi, dan kami siap support logostik manakala diperlukan, tracing harus dilanjutkan," tuturnya.

Hingga, Minggu (30/5/2021) kemarin, total sudah ada 53.939 warga Kendal yang sudah dilakukan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua. Jumlah ini diprediksi akan mengalami penambahan signifikan seiring adanya wacana percepatan vaksinasi oleh pemerintah pusat pada tahap selanjutnya. (*)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved