Breaking News:

Universitas Semarang

Himateta USM Semarang Gelar Webinar Produk Olahan Coklat Untuk Siswa SMA

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (HIMATETA) Universitas Semarang (USM) menggelar webinar pelatihan coklat

IST
Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (HIMATETA) Universitas Semarang (USM) menggelar webinar pelatihan coklat, bertemakan “Potensi Coklat Bagi Millenial”, dengan peserta sebanyak 182 siswa pada Sabtu (29/5) secara daring. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (HIMATETA) Universitas Semarang (USM) menggelar webinar pelatihan coklat daring bertemakan “Potensi Coklat Bagi Millenial”, dengan peserta sebanyak 182 siswa pada Sabtu (29/5).

Para peserta terdiri dari siswa siswi dari Kota Semarang, Demak, Blora, Pati, Jepara, Gorontalo dan lain-lain.

Acara dibuka oleh Dekan FTP USM, Dr. Ir. Haslina, MSi.

Bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan siswa –siswa SMA/SMK/MA sederajat tentang potensi kandungan coklat yang akan diolah menjadi produk inovasi olahan coklat, serta peran millenial terhadap peningkatan potensi coklat di masa pandemi.

Selain itu acara ini juga bermaksud memperkenalkan FTP USM kepada siswa SMA/SMK/MA sederajat.

Dekan FTP USM Dr. Ir. Haslina mengatakan bahwa, kaum milenial harus memiliki pengetahuan yang luas diberbagai bidang, terutama di bidang pangan, acara ini sangat bagus diikuti karena materi dan tema yang dipilih sangat menarik.

“Kaum millenial harus memiliki pengetahuan yang luas diberbagai bidang, terutama di bidang pangan, acara ini sangat bagus diikuti karena materi dan tema yang dipilih sangat menarik dan bermanfaat terkait dengan pengetahuan potensi kandungan coklat yang akan diolah menjadi produk inovasi olahan coklat, serta peran millenial terhadap peningkatan potensi coklat di masa pandemi,” ungkap Haslina.

Pada kesempatan tersebut panitia menghadirkan dua narasumber yaitu Ir. Danar Praseptiangga S.TP, M.Sc, PhD merupakan dosen dari Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Ir. Ery Pratiwi, MP dari dosen FTP USM.

Dalam materinya Danar Praseptiangga menyampaikan tentang jenis-jenis buah coklat (kakao), cara pengolahannya, tentang produk turunan coklat, serta coklat sebagai pangan fungsional.

Adapun Ery Pratiwi menyampaikan materi bagaimana cara membuat produk olahan coklat secara langsung yang diliput dalam suatu video di laboratorium mikrobiologi pangan kemudian ditampilkan pada saat webinar.

Menurut Ery, produk olahan tersebut yaitu molten cake, jelly drink coklat, perman coklat lumer, dan salted brownie cake.

Peserta sangat antusias mengikuti acara webinar ini sehingga banyak topik yang ditanyakan.

Ketika sesi tanya jawab ada enam pertanyaan terbaik yang dipilih. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved