Breaking News:

Kuota Calon Haji Tahun 2020 Akan Jadi Prioritas Keberangkatan Tahun 2021

Untuk itu, Kantor Kemenag Batang akan memprioritaskan kuota calon haji tahun 2020 untuk berangkat ibadah haji pada tahun 2021.

AFP/HANDOUT/SPA
Umat Muslim melakukan lempar jumrah dengan penerapan protokol kesehatan di Jembatan Jamarat, dalam rangkaian ibadah haji di Mina, Arab Saudi, Jumat (31/7/2020). Pelaksanaan haji yang istimewa tahun ini di tengah pandemi Covid-19 hanya diikuti sekitar 1.000 jemaah, dengan protokol kesehatan yang ketat. 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Akibat adanya pandemi Covid-19, pelaksanaan ibadah haji pada tahun 2020 ditunda.

Pada tahun ini, merebak kabar pihak Arab Saudi akan membuka pintu bagi para calon jamaah haji 2021.

Kabar tersebut pun disambut baik oleh semua pihak, terutama calon jamaah haji yang tertunda keberangkatan pada tahun lalu 

Untuk itu, Kantor Kemenag Batang akan memprioritaskan kuota calon haji tahun 2020 untuk berangkat ibadah haji pada tahun ini.

"Sampai dengan sekarang Pemerintah belum memperoleh informasi resmi tentang penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 dari Kerajaan Arab Saudi," tutur Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kemenag Batang, Luthfi Hakim, Senin (31/5/2021).

Dikatakannya untuk kuota calhaj Kabupaten Batang tahun 2020 ada sejumlah 717 orang.  

"Kita terus pantau calhaj dengan bersinergi dengan KBIH agar terus  memberikan bimbingan manasik secara online," ujarnya.

Dikatakannya, manasik secara online dengan penerapan prokes sebagai langkah persiapan jika sewaktu-waktu diberangkatkan.

“Seluruh administrasi calhaj telah dipersiapkan, bahkan vaksinasi Meningitis maupun Covid-19  sudah disiapkan di masing-masing Puskesmas,” ujarnya.

Meski belum mengetahui berapa jumlah kuota yang diberangkatkan, namun pihaknya akan memprioritaskan calon haji 2020.

"Apabila ada pemberangkatan tahun ini, Insyaallah akan diprioritaskan untuk calon jamaah haji tahun 2020 kemarin. Dengan catatan, yang bersangkutan melengkapi syarat berupa dokumen administrasi dan siap mengikuti ketentuan protokol kesehatan," pungkasnya.

Penulis: dina indriani
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved