Breaking News:

Berita Otomotif

Dampak Malaysia Lockdown Corona, Produksi Mobil Toyota dan Honda Dihentikan Sementara

Kebijakan ini membuat produsen mobil asal Jepang, Toyota Motor Corp. dan Honda Motor Co., menghentikan aktivitas produksinya sementara waktu

Istimewa
Logo Toyota 

TRIBUNJATENG.COM - Malaysia menjalani lockdown nasional.

Kebijakan ini membuat produsen mobil asal Jepang, Toyota Motor Corp. dan Honda Motor Co., menghentikan aktivitas produksinya sementara waktu di negara tersebut.

Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin pada Jumat (28/5/2021) pekan lalu mengumumkan lockdown total pada 1-14 Juni untuk menahan laju penyebaran virus corona baru.

Kebijakan ketat ini turut memengaruhi rantai produksi kendaraan dari Toyota dan Honda di Malaysia yang bernilai cukup besar.

Dilansir Kontan.co.id dari Reuters, Toyota sanggup memproduksi hingga 51.000 kendaraan sepanjang tahun lalu. Toyota Malaysia menangguhkan penjualan dan produksi mulai Selasa (1/6/2021).

Juru bicara Toyota Malaysia yang dihubungi Reuters mengatakan, pihaknya masih belum menentukan kapan produksi akan mulai dilanjutkan kembali.

Anak perusahaan Toyota, Daihatsu Motor, juga akan menghentikan produksi mobil compact-nya pada 1 sampai 14 Juni mendatang.

Sepanjang 2020, Daihatsu Motor berhasil memproduksi sekitar 220.000 unit kendaraan di Malaysia.

Perusahaan rival, Honda menyatakan, pihaknya juga akan menutup dua pabriknya selama aturan lockdown nasional di Malaysia berlaku.

Kedua pabrik Honda yang tutup sementara tersebut masing-masing mampu menghasilkan hingga 100.000 mobil dan 300.000 motor setiap tahun. Dua pabrik itu kabarnya akan beroperasi kembali pada 15 Juni.(*)

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Malaysia Lockdown, Produksi Mobil Toyota dan Honda Terhenti, 

Editor: galih permadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved