Wawancara Eksklusif

WANSUS Anggota DPR RI Tuti N Roosdiono Ajak Generasi Muda Cintai Budaya Indonesia

WANSUS Anggota DPR RI Tuti N Roosdiono Ajak Generasi Muda Cintai Budaya Indonesia

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: iswidodo

TRIBUNJATENG.COM - Obrolan Tribunjateng.com dalam program Ngopi Surup kali ini bersama Anggota DPR RI Komisi IX, Tuti Nusandari Roosdiono. Duduk santai tanya jawab ringan ditemani secangkir kopi, dilaksanakan di Kantor Tribun Jateng di Kota Semarang.

Dipandu host Erwin Ardian selaku Pemimpin Redaksi Tribunjateng, Tuti bercerita sebelum menduduki jabatan di parlemen, dulu nggak suka politik. Ngopi Surup ini tayang di medsos Tribunjateng.com dan kini ditranskrip oleh reporter M Nafiul Haris disajikan kepada pembaca koran cetak Tribun Jateng. Berikut petikan wawancaranya.

Bagaimana Bu Tuti awal masuk politik?
Kenapa saya memilih dapil Jateng 1 karena saya ini kelahiran Kota Salatiga tetapi ibu asli warga Kota Semarang. Nah, saya pikir apabila berhasil melalui jabatan yang diemban sekarang dapat membantu atau turut berkontribusi. Berguna untuk orang di sekeliling tempat kelahiran saya maupun tempat kalahiran ibu. Tuti lahir tahun 1951.

Jujur, posisi sekarang tidak pernah saya impikan juga tidak memiliki cita-cita ke sana. Saya menjalani hidup ini mengalir saja. Tetapi, saya memiliki pegangan hidup untuk selalu melakukan yang terbaik atas apa yang dipilih dan diyakini.

Jadi, apapun yang kita lakukan harus semaksimal mungkin, tetapi semua itu nantinya biarkan Tuhan yang menentukan. Prinsip itu juga seringkali saya bagikan ke anak-anak maupun cucu-cucu.

Dulu sebelum menjadi anggota DPR RI, apa yang dilakukan?
Saya ini sebelas bersudara, dibesarkan dengan suasana yang kental dengan budaya Jawa. Dahulu ayah saya memiliki satu set gamelan dan wayang kulit. Setiap waktu bermain gamelan dan wayang. Karena ayah saya itu orangnya cukup keras mendidik anak-anaknya jadi kami dari sebelas bersaudara wajib bisa menabuh gamelan, menyanyi, dan pewayangan.

Sehingga, hampir beberapa alat gamelan saya bisa memainkan, juga nembang sedikit bisa. Bermain musik piano lebih menguasai ketimbang gitar. Kemudian soal partai politik ini saya di PDIP, mungkin juga ada kaitan dengan ayah saya.

Ayahnya apakah juga tokoh?
Dahulu, ayah saya ini diminta Bung Karno menjadi direktur Pabrik Gula Colomadu-Tasikmadu. Lalu, kakak ayah saya yang tertua Prof. Dr Notonegoro Guru Besar Filsafat di UGM. Mungkin juga ada benang merahnya dengan Presiden RI Soekarno saat membentuk Pancasila.

Jujur saat awal-awal diajak Mbak Puan Maharani menjadi calon anggota legislatif saya ragu. Lalu, saya berpikir dan melihat sosok Ibu Megawati yang sama-sama perempuan, lalu saya rasa kenapa tidak mencoba dan ikut membantu. Kemudian, suami saya juga mendukung Alhamdulillah sampailah sekarang ini.

Apa yang dikerjakan Ibu di Komisi IX DPR RI?
Memang tugas kita ini lumayan berat ya di tengah pandemi Covid-19, tetapi di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi saya kira cepat berkoordinasi antar kementerian dan vaksinasi juga sudah. Bahkan terus berjalan. Kita lebih cepat lobby soal vaksin dibanding Filipina atau Malaysia. Jadi saya kira presiden kita melakukan yang terbaik lah, seluruh dunia juga tidak mengira akan muncul siatuasi pandemi seperti sekarang ini. Vaksin juga diberikan secara gratis untuk masyarakat.

Pesan untuk generasi milenial?
Saya mengimbau kita semua harus saling menghormati dan menjaga kebhinnekaan tunggal ika kita. Kemudian anak-anak muda jangan takut masuk ke politik, karena banyak positifnya serta dapat membantu banyak orang. Jangan lupa mencintai karya maupun warisan kebudayaan Indonesia.

Tolong Ibu pilih cepat dan singkat.
- Drama korea atau ikatan cinta? Ikatan cinta
- Main musik atau melukis? Melukis
- Kebaya atau Batik? Kebaya
- Karedok atau gethuk kethek? Gethuk
- Jakarta atau Salatiga? Salatiga
- Partai atau rakyat? Rakyat
- Buruh atau pengusaha? Buruh
- Tradisonal atau modern? Tradisional (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved