Breaking News:

Hotline Semarang

Bagaimana Jika STNK Hilang Mau Mengurus Balik Nama Kendaraan

Berikut ini adalah informasi jika Anda baru saja membeli kendaraan bekas seperti motor atau mobil, maka proses balik nama harus segera dilakukan.

Editor: Catur waskito Edy
Istimewa
BPKB & STNK Hilang 

TRIBUNJATENG.COM  -- Berikut ini adalah informasi jika Anda baru saja membeli kendaraan bekas seperti motor atau mobil, maka proses balik nama harus segera dilakukan.

Biasanya kendaraan bekas yang dibeli status kepemilikannya masih atas nama pemilik sebelumnya. 

Dengan melakukan balik nama ke pemilik yang baru, maka segala proses administrasi seperti pembayaran pajak kendaraan tahunan jadi lebih mudah karena tidak perlu meminjam KTP pemilik sebelumnya. 

Namun terkadang ditemui kasus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kendaraan terkait hilang sebelum melakukan proses balik nama.

Padahal STNK jadi salah satu dokumen yang wajib dibawa sebagai syarat balik nama. 

Ada pula transaksi jual beli kendaraan yang tidak dilengkapi STNK.

Umumnya kendaraan bekas tanpa dokumen lengkap semacam ini harganya jadi lebih murah karena sebagai kompensasi pembeli untuk mengurus STNK yang hilang. 

Untuk melakukan proses balik nama tanpa STNK, yang pertama harus dilakukan adalah mengajukan permohonan pembuatan surat kehilangan dari kepolisian di kantor Polres daerah tersebut. 

Surat kehilangan ini fungsinya sebagai blokir data STNK lama yang hilang.

Blokir ini dimaksudkan supaya tidak ada identitas ganda jika STNK yang lama ditemukan. Artinya STNK yang dilaporkan hilang sudah dinyatakan tidak berlaku. 

Untuk berkas-berkas lainnya yang harus disiapkan sama seperti proses balik nama pada umumnya, yaitu BPKB asli dan fotokopiannya, KTP pemilik yang baru, kuintasi pembelian kendaraan yang dilengkapi materai Rp 10.000, serta bukti cek fisik kendaraan terkait yang dilakukan di Samsat. 

Usai mengurus balik nama STNK, membayar pajak kendaraan, dan sudah mendapatkan STNK atas nama pemilik yang baru, selanjutnya adalah melakukan balik nama untuk BPKB. 

Dengan adanya STNK yang baru, maka proses balik nama BPKB sudah tidak membutuhkan STNK lama ataupun surat kehilangan dari kepolisian. 

Pemohon tinggal menyiapkan berkas berupa salinan STNK baru, BPKB lama dan fotokopiannya, salinan KTP, salinan bukti cek fisik yang sudah dilegalisir, dan salinan kuitansi pembelian kendaraan terkait.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Syarat Balik Nama Kendaraan jika STNK Hilang"

Baca juga: Tangani Corona di Kudus Sampai Tingkat RT, Bupati Hartopo Lakukan Semi Lockdown 42 Desa‎

Baca juga: Sepak Terjang Amon Djobo Bupati Alor yang Marahi Staf Kemensos, Pernah Ancam Tembak Mati Anggota TNI

Baca juga: Detik-detik Bus Transjakarta Mogok di Perlintasan Kereta Api, Penumpang Loncat Berhamburan

Baca juga: Beredar Pesan Berantai Program Vaksin Covid bagi Masyarakat Umum, Ini Klarifikasi Dinkes

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved