Breaking News:

Nadiem: PTM Terbatas Sekolah Terkendala Izin Pemda/Satgas Covid-19

Hingga kini diperkirakan 30 persen sekolah di Indonesia telah melaksanakan program pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Editor: Vito
Tribunnews/Jeprima
Mendikbudristek, Nadiem Makarim 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Hingga kini diperkirakan 30 persen sekolah di Indonesia telah melaksanakan program pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Angka itu didapat berdasarkan survei yang digelar Kemendikbudristek terkait dengan persiapan sekolah di masa pandemi.

"Sekarang 30 persen dari sekolah di Indonesia. Perkiraan kami adalah 30 persen dari sekolah di Indonesia telah melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas," kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Senin (31/5).

Kendati demikian, Nadiem menegaskan, PTM terbatas bukanlah hal yang baru di masa pandemi. Sebab, ia menyebut, ada sekitar 20 persen sekolah yang sudah lebih dahulu melakukan PTM terbatas sejak Januari dan Februari 2021.

"Ini bukan hal yang baru. Angka 20 persen ini sudah ada dari beberapa bulan. Sudah lumayan lama berjalan," ujarnya.

Atas data tersebut, Nadiem mengingatkan, hal ini menjadi harapan agar sekolah tatap muka terbatas dapat lebih dikembangkan dan diperluas ke depan.

Angka tersebut, dia menambahkan, juga menjadi penanda bahwa PTM terbatas bukan lagi tidak bisa dilakukan di masa pandemi.

"Jadi mohon dipahami, ini bukan hal yang baru, dan angka ini harus terus naik, kecuali kalau ada peningkatan kasus di daerah mikronya sendiri atau di dalam sekolahnya sendiri," jelasnya.

Nadiem juga mengungkapkan alasan beberapa sekolah belum juga melaksanakan PTM terbatas. Satu alasan yang paling banyak diungkap dalam survei adalah karena pemda belum mengizinkan sekolah itu dibuka.

"Kendala terbesar pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas adalah belum diberikannya izin oleh pemda atau Satgas Covid-19 daerah," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved