Breaking News:

Berita Kebumen

Ketika Talas Disulap Jadi Burger dan Pizza pada Lomba Cipta Menu Kebumen

Ubi talas ternyata dapat diolah menjadi makanan berkelas, seperti brownise, burger, dan lainnya. 

Istimewa
Lomba mengolah makanan berbahan talas di pendopo Kabupaten Kebumen, Kamis (3/6/2021). 

TRIBUNBANYUMAS. COM, KEBUMEN - Ubi talas selama ini dikenal sebagai makanan "ndeso" yang biasa dikonsumsi masyarakat pedesaan. Tetapi siapa sangka, bahan pangan itu bisa diolah menjadi makanan berkelas. 

Sebut saja pizza talas, brownise, hingga burger dan aneka makanan olahan lainnya. Di Kabupaten Kebumen, cara mengolah talas menjadi aneka rupa makanan ini diperlombakan. 

Sebanyak 26 Kecamatan di Kebumen mengikuti Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten di pendopo rumah dinas Bupati Kebumen, Kamis (3/6/2021). Peserta yang terdiri dari Tim Penggerak PPK di seluruh kecamatan di Kebumen ini membuat aneka ragam makanan daerah berbahan dasar talas

Di situ beragam makanan disajikan dengan bahan dasar talas,  di antaranya burger talas, pizza talas, bubur talas, roket talas, lontong talas, bronis talas, getuk talas, tempe talas, serabi talas, pancake talas, dan  jus talas

Bupati  Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan, lomba makanan berbahan dasar talas ini sekaligus untuk memberikan pesan bahwa membuat makanan yang beragam, dengan gizi yang seimbang tidak harus dengan bahan yang mahal.  Cukup dengan bahan dari kearifan lokal.

"Potensi ini tentunya bisa terus dikembangkan agar Kebumen terhindar dari stunting. Kreatifitas ini juga bisa terus dikembangan karena bisa bernilai ekonomis ke depannya," jelasnya, Kamis (3/6/2021) 

Arif bersyukur warga Kebumen punya potensi luar biasa di bidang kuliner. Buktinya, pada 2019 lalu Kebumen mampu menjadi juara I Nasional untuk katagori lomba B2SA yang diadakan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Kemudian pada 2020 Kebumen meraih juara II tingkat Jawa Tengah untuk katagori lomba yang sama.

Dalam lomba ini, TP PKK Kecamatan Sruweng menjadi juara harapan III, juara harapan II diraih TP PKK Kecamatan  Bonorowo, juara harapan I diraih TP PKK Kecamatan Sruweng. Adapun juara III diraih oleh TP PKK Kecamatan Padureso, juara II diraih TP PKK Kecamatan  Ambal, dan juara I berhasil diraih TP PKK Kecamatan Adimulyo. 

Untuk  juara 1 dalam lomba ini akan mewakili Kebumen untuk maju berlomba tingkat Provinsi Jawa Tengah. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved