Breaking News:

Berita Rembang

Uniknya Pasar Mbrumbung Rembang, Ada Ratusan Jenis Makanan, Transaksi Pakai Koin Kayu

Pasar Mbrumbung di Desa Banggi, Rembang, destinasi wisata kuliner yang menawarkan pengalaman unik.

TRIBUNJATENG.COM, REMBANG - Pasar Mbrumbung yang terletak di Desa Banggi, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, merupakan destinasi wisata kuliner yang menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjungnya.

Di pasar kuliner ini, terdapat ratusan jenis kudapan

Pasar Mbrumbung di Desa Banggi, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang.
Pasar Mbrumbung di Desa Banggi, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang. (Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal)

yang bisa dinikmati pengunjung dengan harga relatif murah. Mayoritas atau bahkan semua di bawah Rp 10 ribu rupiah. Bahkan banyak jenis yang hanya dibanderol Rp 1.000 dan Rp 2 ribu saja.

Nuansa tradisional sangat terasa, stan-stan yang ada berdinding bambu dan beratap jerami. Kursi dan meja makan yang ditata rapi di sana juga berbahan bambu yang sudah dipelitur.

Di kompleks Pasar Mbrumbung, terdapat dua kelompok pasar dengan konsep berbeda. 

Pertama, Pasar Mbrumbung 1 dengan konsep kuliner khas Jawa tempo dulu. Kedua, Pasar Mbrumbung 2 dengan konsep kuliner nusantara.

Di Pasar Mbrumbung 1, pengunjung bisa menemukan berbagai kudapan tradisional, di antaranya aneka getuk, bubur blowok, tahu aci, ketiwul, klepon ketan, nasi jagung, botok, dumbeg, dan aneka jenis minuman serta es.

Adapun di Pasar Mbrumbung 2, penganan yang bisa dijumpai antara lain sate usus, aneka gorengan, lontong, sup iga, bakso goreng, nasi rawon, serta berbagai minuman dan es.

Uniknya, untuk membeli penganan di puluhan stan yang berjajar rapi di Pasar Mbrumbung, pengunjung harus terlebih dahulu menukarkan uang rupiahnya dengan “mata uang khusus” yang hanya berlaku di sana. Mata uang khusus tersebut bernama “koin mbrumbung”.

Penukaran dilakukan di loket yang berada di dekat gerbang masuk pasar.

Halaman
123
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved