Breaking News:

Berita Banyumas

Anggota DPRD Banyumas Jadi Korban Penipuan Bisnis Ekspedisi Barang, Kerugian Mencapai Rp 743 Juta

Seorang anggota DPRD Kabupaten Banyumas, AK (27) perempuan warga Pasir Kulon, Kecamatan Karanglewas menjadi korban penipuan berkedok bisnis

Istimewa
Petugas Satreskrim Polresta Banyumas saat memeriksa pelaku penipuan anggota DPRD Banyumas, yaitu NS (32) seorang perempuan warga Pasir Kidul, Purwokerto Barat, Jumat (4/6/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Seorang anggota DPRD Kabupaten Banyumas, AK (27) perempuan warga Pasir Kulon, Kecamatan Karanglewas menjadi korban penipuan berkedok bisnis. 

Pelakunya adalah NS (32) seorang perempuan warga Pasir Kidul, Purwokerto Barat. 

Kapolresta Banyumas, Kombes M. Firman L. Hakim, menyampaikan korban kenal dengan pelaku sekitar bulan September 2020.

Korban saat itu ditawari bisnis ekspedisi barang dan jasa dalam negeri dan luar negeri serta bisnis beras dengan perjanjian bagi hasil setiap bulannya.

Selanjutnya korban percaya dan menyerahkan uang modal secara bertahap dari kurun waktu 26 September 2020 hingga 26 Mei 2021. 

"Korban menyerahkan uang modal dengan cara transfer ke rekening pelaku dan juga uang tunai dengan total yang diberikan berjumlah Rp. 743 juta," ujar Kapolres kepada Tribunbanyumas.com, Jumat (4/6/2021). 

Korban sempat menerima uang bagi hasil setiap bulannya dari pelaku, mulai dari bulan Oktober 2020 sampai dengan bulan Mei 2021. 

Pelaku menjanjikan akan mengembalikan sebagian dari modal pada 2 Juni 2021, namun saat jatuh tempo pelaku tidak bisa mengembalikannya dan setelah dicek bisnis tersebut ternyata merupakan bisnis fiktif. 

Guna kepentingan penyidikan lebih lanjut, pelaku beserta barang bukti berupa 1 bendel rekening koran Bank BCA dan buku tabungan Bank BCA. 

"Pelaku, kami amankan di Mapolresta Banyumas. NS dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan atau 372 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 4 tahun," tambahnya. 

Kasat Reskrim mengimbau kepada masyarakat Banyumas agar tidak menjadi korban penipuan berkedok bisnis.

Hendaknya untuk tidak mudah tergoda dan percaya dengan adanya tawaran bisnis apalagi dengan orang yang baru dikenal, tutupnya. (Tribunbanyumas/jti) 

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved