Breaking News:

Berita Cilacap

Basarnas Gelar SAR Goes to School di Kampung Laut Cilacap, Siswa Belajar Cara Pertolongan di Air

Basarnas Cilacap menggelar kegiatan SAR Goes to School (SGTS) di Kabupaten Cilacap tepatnya di SMA N 1 Kampung Laut, Jumat (4/6/2021).

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: moh anhar
ISTIMEWA
Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap saat menggelar kegiatan SAR Goes to School (SGTS) di Kabupaten Cilacap tepatnya di SMA N 1 Kampung Laut, Jumat (3/6/2021). 

Penulis: Permata Putra Sejati 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap menggelar kegiatan SAR Goes to School (SGTS) di Kabupaten Cilacap tepatnya di SMA N 1 Kampung Laut, Jumat (4/6/2021). 

Kegiatan ini merupakan salah satu program untuk memperkenalkan apa saja yang menjadi tugas dan fungsi Basarnas kepada generasi muda. 

Para peserta mendapatkan pengetahuan tentang upaya apa yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana, khususnya tentang pertolongan di air (Water Rescue).

Sebanyak 70 peserta dan 20 Guru pendamping yang berasal dari siswa SMAN 1 Kampung laut ini yang terlibat langsung dalam kegiatan pengenalan SAR ini.

Kepala Kantor Pencarian dan pertolongan Cilacap, I Nyoman Sidakarya, mengatakan, pada kesempatan ini para peserta mendapatkan materi tentang water rescue dasar atau pertolongan di air.

Baca juga: 29 Ribu Calon Jemaah Haji asal Jateng 2 Kali Batal Berangkat, 397 Orang Ambil Duit Pelunasan

Baca juga: Disdikbud Karanganyar Buka Pendaftaran PPDB SD-SMP

Baca juga: Video Suwanto Ahli Modifikasi Sepeda Motor Roda Tiga Bagi Difabel

Baca juga: Peruntungan Shio Besok Sabtu 5 Juni 2021

Nantinya seluruh seluruh siswa-siswi yang terlibat diharapkan mampu menyelamatkan diri sendiri saat berada dalam kondisi membahayakan jiwa terutama di wilayah perairan. 

Materi yang diberikan, yakni pengenalan perahu karet dan motor tempel, teknik pertolongan, pengenalan teknik defense and release, pengenalan teknik penanganan perdarahan, pengenalan teknik penanganan dan patah tulang. 

Nyoman mengharapkan kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik dan para siswa bisa menerima materi sebaik-baiknya agar mereka paham bagaimana harus bertindak jika menghadapi bencana.

Selain Operasi SAR salah satu tugas Kantor Basarnas Cilacap di bawah Direktorat Bina Potensi Basarnas Pusat ini adalah melaksanakan sosialisasi tentang pencarian dan pertolongan kepada masyarakat. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved