Breaking News:

Berita Solo

Direncanakan Bulan Depan, ETLE di Solo akan Sasar Pelanggar Lalu Lintas Sepeda Motor 

Satlantas Polresta Solo rencanakan pada Juli kamera ETLE sudah bisa menangkap pelanggaran sepeda motor.

Tribun Jateng/Muhammad Sholekan
Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra ketika ditemui di Mako 2 Polresta Solo, Jumat (19/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Satlantas Polresta Solo rencanakan pada Juli mendatang kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sudah bisa menangkap pelanggaran sepeda motor. 

Diketahui, ada 5 titik kamera yang terpasang yaitu di depan Solo Square, simpang Fajar Indah, simpang Gladak, simpang 5 Sumber, dan Loji Gandrung. 

Kasatlantas Polresta Solo Kompol Adhytiawarman Gautama Putra, menjelaskan pihak polisian fokus menindak pelanggaran kasat mata. 

"Seperti tidak pakai helm, melanggar marka jalan, garis stop, hingga menggunakan telepon selular," ungkapnya, Jumat (4/5/2021). 

Menurutnya, sistem penindakan tidak berbeda dengan kedaraan roda empat. 

Dia mengungkapkan, sejak diberlakukan pada 6 pekan silam hingga sebelum lebaran pelanggar turun secara jumlah. 

Semula, lanjut Adhyt, pelanggar mencapai lebih dari 3.000, namun dua pekan sebelum lebaran turun hingga 1.100 pelanggar.

Setelah terekam kamera ELTE, pihak kepolisian akan mengirimkan surat konfirmasi yang dikirim melalui Kantor Pos Indonesia dan konfirmasi pesan elektronik sesui data di STNK. 

"Dalam surat konfirmasi nantinya ada penjelasan jenis pelanggar. Sedangkan denda dan penilangan menitikberatkan pada pelanggaran terberat," jelasnya. 

Mantan Kasatlantas Polres Klaten itu mencontohkan, bila ada pengendara melalukan pelanggaran tak memakai helm dan putar balik yang bukan pada tempatnya. 

Maka, menurutnya, hitungan pelangaran akan dihitung terberat yakni pelanggar putar balik. Sedangkan pengedara yang tak merasa mlalukan pelanggaran juga bisa melakukan pembelaan. 

"Memberikan bukti-bukti yang bisa dibuktikan, sehingga akan kami lalukan penindakan," tandasnya. (*)

Penulis: Muhammad Sholekan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved