Breaking News:

Disdikbud Karanganyar Buka Pendaftaran PPDB SD-SMP

Disdikbud Karanganyar akan membuka Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi SD dan SMP.

Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Sekretaris Disdikbud Karanganyar, Nurini Retno Hartati. 

Penulis: Agus Iswadi.

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar akan membuka Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi SD dan SMP mulai 21-23 Juni 2021. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribunjateng.com, PPDB TK dan SD akan digelar secara luring. Sedangkan PPDB SMP digelar secara daring dan luring. PPDB dapat diakses melalui website https://karanganyar.siap-ppdb.com.

Sekretaris Disdikbud Karanganyar, Nurini Retno Hartati menyampaikan, jalur PPDB tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya, seperti jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan prestasi.

Jalur zonasi terbagi menjadi empat, pertama zonasi lingkup kelurahan/desa tempat siswa tinggal, kedua zonasi lingkup kecamatan, zonasi ketiga lingkup kabupaten dan zonasi keempat lingkup kabupaten. 

"Jalur zonasi minimal 70 persen (dari daya tampung sekolahan) untuk SD, 55 persen untuk SMP, jalur afirmasi sebesar 15 persen, perpindahan orang tua maksimal 5 persen dan jalur prestasi maksimal 25 persen," katanya kepada Tribunjateng.com, Jumat (4/6/2021). 

Dia menuturkan, sesuai dengan Permendikbud untuk jalur afirmasi selain bagi keluarga tidak mampu juga termasuk penyandang disabilitas. 

Kendati demikian, dinas telah menyampaikan kepada sekolahan supaya berkoordinasi dengan sekolah luar biasa apabila pendaftar termasuk penyandang disabilitas lebih. Pasalnya hal tersebut berkaitan dengan pemenuhan sarpras bagi penyandang disabilitas.

Sementara itu, Plt Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Endang Trihadiningsih mengatakan, di wilayah Karanganyar ada sebanyak 31 SMP swasta dan 51 SMP Negeri.

"Kuota TK satu rombel 20 orang, SD 28 orang, SMP 32 orang. Zonasi SD dibuat Korwil masing-masing kecamatan. Kalau SMP sudah dibuat dinas berdasarkan masukan kepala sekolah dan lurah/kades." jelasnya. 

Sesuai tahapan, pendaftaran PPDB dimulai pada 21-23 Juni 2021. Verifikasi berkas pada 23-24 Juni 2021. Batas akhir pencabutan berkas pada 22 Juni 2021 pukul 10.00. 

Sedangkan pengumuman dilakukan pada 28 Juni 2021. Kemudian pendaftaran ulang dilakukan pada 1-2 Juli 2021. Pembelajaran akan mulai dilakukan pada 12 Juli 2021.

Penulis: Agus Iswadi
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved