Breaking News:

Opini

OPINI Fatmawati Sungkawaningrum : Menanti Pasar Modal Syariah

Peranan pasar modal cukup penting dalam eksistensi perekonomian sebagai lembaga keuangan. Dana yang dihimpun dari para pemilik modal dan investor

Kontan
Ilustrasi 

Oleh Fatmawati Sungkawaningrum

Mahasiswa S3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Peranan pasar modal cukup penting dalam eksistensi perekonomian sebagai lembaga keuangan. Dana yang dihimpun dari para pemilik modal dan investor untuk di-intremediasi. Kemudian dimobilisasi untuk dialokasikan pada suatu proyek investasi.

Islam juga membuka diri dalam perekonomian dengan adanya pasar modal syariah. Pasar modal syariah memiliki sistem yang berbeda dari ekonomi konvensional. Sistem tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan kesejahteraan umat manusia.

Kesejahteraan harus diwujudkan secara material dan non material. Salah satu bentuk mekanismenya secara material dengan dioptimalkan jalan perekonomiannya sebagai jalan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Menilik pentingnya pasar modal bagi kehidupan masyarakat luas maka dapat dioperasikan dengan efisien. Maksudnya adalah dana diperuntukkan bagi program atau proyek yang dibutuhkan masyarakat luas.

Salah satu cara mencapai efektifitasnya dengan adanya efisiensi harga dan efisiensi operasional yang dengan transaksi di pasar modal berbiaya minimum. Sebab dengan biaya transaksi yang tinggi akan menghambat terhadap penyesuaian harga.

Pasar modal syariah yang terkait dengan ekonomi Islam, punya mekanisme dan sistimatika pasar lebih beretika dan mengutamakan keadilan. Maksudnya, seluruh transaksi pasar modal dilakukan dengan norma dan etika ekonomi Islam.

Prinsip pasar modal syariah

Pasar adalah pilar yang penting dalam perekonomian dunia. Banyak industri dan perusahaan yang menggunakan institusi pasar modal sebagai media untuk memperkuat keuangan.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved