Breaking News:

Astra Motor Honda Jateng

Separate Function Fork Big Piston, Bikin Pengereman Makin Optimal

AHM resmi merilis motor anyar bertipe naked sport yaitu All New Honda CB150R pada bulan lalu. Ada banyak pembaruan fitur baru.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Separate Function Fork Big Piston 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – AHM resmi merilis motor anyar bertipe naked sport yaitu All New Honda CB150R pada bulan lalu.

Ada banyak pembaruan fitur baru yang membuatnya terkesan “Big Bike Looks”, seperti pada bagian kemudi menggunakan Stang Tipe Tapered Handle Bar yang memberikan pengendalian optimal dan kenyamanan postur berkendara, bagian informasi kokpit menggunakan digital panel meter design, pencahayaan memakai teknologi LED lighting system, design body lebih besar yang membuat tampilannya lebih besar dikelas midsport, dan satu lagi yang membuatnya terlihat sangat agresif adalah dibagian Suspensi depan.

Suspensi depan berjenis Inverted Front Suspension merk Showa bertipe SFF BP (Separated Function Fork Big Piston) dengan ukuran poros yang besar yaitu 37 mm.

Secara kontruksi luar, shock tipe Inverted Front Fork Suspension sering disebut sebagai Upside Down yaitu shock yang teleskopiknya berdiameter lebih kecil (inner tube) dari pada tabung, kontruksi tabung terikat pada segitiga (triple clamp) sedangkan pipa teleskopik terhubung dengan as roda depan.

Kontruksi dalam shock sebelah kanan berfungsi sebagai reaksi sedangkan sebelah kiri berfungsi sebagai preloud, compresi, dan rebound.

Desain yang berbeda ini merupakan solusi memangkas berat dari suspensi Upside Down pada umumnya.

Shock tipe ini memiliki gaya peredaman yang responsif, minim getaran saat kecepatan tinggi, rigid yaitu mampu bekerja solid antara shock kanan dan kiri walau berbeda fungsi (Separated Funtion Front Fork).

Khusus yang menggunakan SFF Big Piston akan lebih unggul memberikan stabilitas untuk pengereman, sehingga CB 150R ini lebih optimal dalam hal pengereman, dan menjaga stabilitas arah motor serta mencegah motor terlalu menungging saat mengerem keras.

Shock ini membuat pengendalian lebih tanggap karena memberikan respon ke tangan pengendara, tetapi tidak mengacaukan pengendalian.

Alfian Dian Pradana, Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah mengatakan respon ini akan memberikan informasi ke tubuh pengendara mengenai gerakan roda depan sehingga pengendara akan merasa lebih menyatu dan mantap dengan kendaraannya serta pada saat pengendalian dapat merespon lebih cepat.

“Selain menambah tampilan All New CB 150R menjadi lebih gagah, kokoh, dan agresif, tidak diragukan lagi bahwa suspensi ini memberikan peningkatan signifikan dalam hal pengendalian dan pengereman yang lebih baik, hal ini menjadi bukti bahwa Honda konsisten memberikan fitur #Cari_Aman disetiap motornya” tutup Alfian. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved