Breaking News:

Berita Kesehatan

Gula Darah Tinggi Bikin Penderita Diabetes Cepat Lelah, Ini 5 Cara Mengatasinya

Kelelahan atau timbulnya rasa lelah bisa menjadi salah satu gejala non spesifik diabetes

Getty Images/iStockphoto
Ilustrasi tes gula darah pada pasien diabetes. 

TRIBUNJATENG.COM - Kelelahan atau timbulnya rasa lelah bisa menjadi salah satu gejala non spesifik diabetes. Pada penderita diabetes, hal ini sering disebut juga dengan istilah kelelahan diabetes.

Sebagian besar mereka merasa lelah sepanjang waktu terlepas dari seberapa baik mereka tidur, seberapa sehat mereka makan, atau seberapa banyak mereka berolahraga secara teratur.

Penelitian telah menunjukkan bahwa hingga 61% orang yang baru-baru ini didiagnosis dengan kondisi mengalami kelelahan. Namun, kelelahan tidak hanya terjadi pada mereka yang menderita diabetes.

Ini juga dapat terjadi pada orang dengan kadar gula darah normal atau prediabetic jika mereka mengalami lonjakan gula darah mereka secara tiba-tiba.

Ketika tubuh mengalami lonjakan kadar gula darah, tubuh memberikan respon dengan mencoba memproduksi cukup insulin untuk menyeimbangkannya.

Jika tidak ada cukup insulin atau tubuh tidak menanggapi insulin sebagaimana mestinya, tubuh Anda akan mulai menarik dari lemak untuk menciptakan energi yang dibutuhkan.

Ketika ini terjadi, energi digunakan dari pemisahan molekul yang dikenal sebagai adenosin triphosphate, atau ATP. Ketika ATP mengeluarkan salah satu dari tiga fosfatnya untuk energi, itu berubah menjadi molekul lain yang dikenal sebagai adenosin diphosphate, atau ADP.

Jika tidak ada sumber energi untuk ditarik, ATP tidak dapat mendapatkan kembali fosfat yang diberikannya, yang menyebabkan kelelahan.

Kapan Harus Menemui Dokter

Kelelahan atau munculnya rasa lelah sebenarnya normal. Namun menjadi tidak wajar jika rasa lelah berlangsung lebih dari dua minggu. Jika kondisinya demikian, maka Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Halaman
1234
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved