Breaking News:

Berita Semarang

Tersangka Ujaran Kebencian Winindya Batal Ditahan karena Positif Covid-19

Berkas perkara dan tersangka kasus ujaran kebencian bernada SARA, R. Winindya Satriya (RWS), batal dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tenga

Istimewa
Kuasa hukum pelapor, M Dias Saktiawan. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Berkas perkara dan tersangka kasus ujaran kebencian bernada SARA, R. Winindya Satriya (RWS), batal dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah.

Selain batal dilimpahkan, tersangka yang merupakan seorang pengacara di Kota Semarang itu juga batal ditahan.

Jaksa penuntut umum (JPU) Kejati Jawa Tengah, Fatoni mengatakan, batalnya pelimpahan dan penahanan itu dikarenakan tersangka dinyatakan positif Covid-19 sehingga harus dirawat terlebih dahulu.

"Iya yang bersangkutan kena Covid-19. Makanya kami tidak berani menerima. Kalau nanti sudah sembuh, kami baru berani menerima pelimpahannya," katanya, Sabtu (5/6/2021).

Pelimpahan tahap II yang meliputi berkas perkara dan tersangka tersebut sedianya dilakukan Kamis (3/6/2021) kemarin. Tersangka RWS, saat ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Kuasa hukum pelapor, M Dias Saktiawan mengapresiasi kinerja kepolisian, dalam hal ini Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Jateng, Kombes Pol Johanson Ronald Simamora, karena telah menyelesaikan perkara yang menjadi perhatian banyak masyarakat tersebut.

Dikatakan, penyidik kepolisian telah menjalankan tugasnya meski banyak tekanan agar perkara ujaran kebencian tersebut dihentikan.

Hal itu dibuktikan dengan upaya mediasi yang dilakukan hingga tiga kali.

"Atas usaha dan kerja keras kepolisian itu hingga akhirnya berkas dan tersangka siap dilimpahkan, kami sampaikan apresiasi. Adapun kemudian tersangka batal ditahan, itu karena faktor lain yaitu positif Covid-19," ucap Dias.

Menurutnya, persoalan baru yang muncul yaitu tersangka diketahui positif Covid-19.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved