Breaking News:

Berita Banyumas

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tutup Pelatihan Penanggulangan Bencana BPBD

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono menutup kegiatan latihan dan pembaretan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) BPBD Kabupaten Ban

TRIBUNBANYUMAS/Ist
Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono saat menutup kegiatan latihan dan pembaretan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) BPBD Kabupaten Banyumas tahun 2021, Sabtu (5/6/2021) di Lapangan Limpakuwus Kecamatan Sumbang. 

Penulis: Permata Putra Sejati 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono menutup kegiatan latihan dan pembaretan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) BPBD Kabupaten Banyumas tahun 2021, Sabtu (5/6/2021) di Lapangan Limpakuwus, Kecamatan Sumbang. 

Penutupan pelatihan ditandai dengan penyiraman bunga dan pemasangan baret kepada para peserta.

Seperti diberitakan sebelumnya 30 anggota TRC-PB diasah kemampuannya melalui pendidikan dan pelatihan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB).

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas, Titik Puji Astuti mengatakan pelatihan menjadi sangat strategis.

Selain sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas, juga sebagai wahana untuk meningkatkan soliditas. 

Kemudian kekompakan antar anggota tim reaksi cepat, yang sangat dibutuhkan ketika harus menghadapi situasi gawat darurat.

Wabup Sadewo Tri Lastiono mengatakan Anggota TRC-PB harus sigap dan mempunyai kesehatan, fisik yang baik serta keberanian yang lebih dengan didukung kemampuan yang cukup dalam penanganan bencana. 

Hal itu penting mengingatnya kompleksnya tugas-tugas BPBD dalam tata cara penyelesaian persoalan di lapangan sehingga anggota harus terus mengasah kemampuan terhadap penanganan bencana.

"Meski bencana tidak kita inginkan, namun jika itu terjadi saya harap mereka dapat langsung terjun ke kelapangan dan dapat menyelesaikan masalah," katanya kepada Tribunbanyumas.com, dalam rilis. 

Wabup mencontohkan ketika terjadi bencana banjir, apa saja yang harus dipersiapkan, serta bagaimana SOP (standar operasional prosedur) yang mesti dijalankan dalam memberikan pelayanan. 

"Hal itu penting sehingga dapat meminimalisir adanya korban serta kerugian harta benda," jelasnya. 

Dalam kesempatan ini Wabup mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri, PMI dan semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan kegiatan pelatihan ini.

Wabup juga mengajak kepada semua pihak terutama relawan seperti PMI dan lainya untuk berkolaborasi dalam setiap penanganan bencana yang mungkin terjadi di Kabupaten Banyumas. (Tribunbanyumas/jti) 

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved