Breaking News:

Berita Jakarta

Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun! Mochtar Kusumaatmadja Diplomat Ulung Itu Telah Tiada

Mantan Menteri Luar Negeri RI dan Menteri Kehakiman RI Mochtar Kusumaatmadja meninggal dunia dalam usia 92 tahun, Minggu (6/6)

Editor: Catur waskito Edy
tribunnews
Mochtar Kusumaatmadja 

TRIBUNJATENG.COM -- Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun! Mantan Menteri Luar Negeri RI dan Menteri Kehakiman RI Mochtar Kusumaatmadja meninggal dunia dalam usia 92 tahun, Minggu (6/6) sekitar pukul 09.00 WIB, di kediamannya karena sakit.

Almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Selain menjabat menteri periode 1973-1988, termasuk menteri luar negeri selama dua periode (1978-1988), Mochtar yang bernama lengkap Prof. DR. Mochtar Kusumaatmadja, SH., LLM juga merupakan tokoh yang berperan penting dalam pengembangan pemikiran hukum dan pendidikan tinggi hukum di Indonesia.

Dikenal sebagai pemikir hukum internasional, Mochtar dijuluki Bapak Hukum Internasional Indonesia. Salah satu gagasan Mochtar adalah negara kepulauan yang menjadi landasan awal lahirnya konsep wawasan nusantara.

Mochtar Kusumaatmadja juga Rektor ke-5 Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Guru Besar Fakultas Hukum Unpad sejak 1970 ini dikenal luas di Indonesia sebagai ahli hukum.

"Kami kembali kehilangan sosok yang menjadi sejarah dalam perjalanan kelembagaan Unpad," ujar Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad, Dandi Supriadi.

Dandi mengatakan, almarhum menjabat sebagai rektor pada 1973-1974. Masa jabatannya terbilang singkat karena Presiden Soeharto pada 1974 mengangkatnya sebagai Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan II pada 1974-1978.

Mochtar juga pernah menjadi Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III dan IV pada 1978-1988.

Prof Mochtar lahir di Batavia, 17 Februari 1929. Almarhum mulai aktif mengajar di FH Unpad pada 1959. Sejak menjadi dosen, nama Mochtar Kusumaatmadja tidak dapat dipisahkan dari perjalanan karier FH Unpad, terutama dalam pengembangan pendidikan hukum di Indonesia.

Di bidang keilmuannya, ia merupakan pakar hukum laut dan internasional.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved