Breaking News:

LPPM Unnes dan Indonesia Power Kembangkan Bank Sampah di Kelurahan Kemijen

ersoalan sampah menjadi salah satu isu yang menjadi perhatian masyarakat di RW V Kelurahan Kemijen, Semarang Timur.

Istimewa
Perwakilan LPPM Unnes dan PT Indonesia Power menyerahkan cindera mata kepada pengurus Bank Sampah Berkah Asri, Kelurahan Kemijen, Semarang Timur, kemarin.  

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Persoalan sampah menjadi salah satu isu yang menjadi perhatian masyarakat di RW V Kelurahan Kemijen, Semarang Timur, di mana sebagian besar sampah berasal dari limbah domestik yang dapat ditemukan pada beberapa sudut lokasi.

Kondisi tersebut memunculkan keresahan dan pemandangan yang kurang nyaman bagi lingkungan sekitar.

Berdasarkan kondisi tersebut, LPPM Universitas Negeri Semarang (Unnes) bekerjasama dengan PT Indonesia Power Semarang PGU, melaksanakan kegiatan pelatihan pengolahan sampah anorganik sekaligus memberikan bantuan sarana pendukung untuk kegiatan Bank Sampah, di Bank Sampah Berkah Asri, Kelurahan Kemijen, kemarin.

Ketua tim pelaksana dari Unnes, Nana Kariada TM menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian program pengembangan Bank Sampah di Kelurahan Kemijen.

"Jadi ini adalah kegiatan lanjutan, Alhamdulillah kita telah bersama-sama membentuk kepengurusan Bank Sampah Berkah Asri, mengurus legalitas kelompok, dan sedang membangun gedung pilah sampah," kata Nana, dalam keterangannya, Senin (7/6/2021).

Nana menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai bentuk edukasi dan penyadartahuan kepada masyarakat bahwa sampah bukan sumber bencana tetapi sumber pendapatan jika diolah dan dikelola dengan baik.

Ahli Muda Community Development PT Indonesia Power Semarang PGU, Retno wulandari mengatakan, program bank sampah merupakan wujud komitmen perusahaan untuk terus memberdayakan lingkungan sekitar.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat dan dapat mengurangi permasalahan sampah yang selama ini dihadapi masyarakat.

"Kami berharap tidak berhenti disini, tetapi bisa terus berkelanjutan," harapnya.

Ketua RW V Kelurahan Kemijen, Mukti, menyampaikan apresiasi terhadap program pengembangan Bank Sampah di wilayahnya.

"Ini yang kami tunggu-tunggu. Dukungan dari Indonesia Power dan Unnes ini menjadi motivasi dan semangat tersendiri untuk mengelola sampah di lingkungan kami," ujarnya.

Selanjutnya, ia berharap dengan keberadaan kelompok bank sampah dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah, agar dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan asri bagi wilayah sekitar.

Penulis: m zaenal arifin
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved