Breaking News:

Berita Karanganyar

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Gelar Opsgakplin Penerapan Protokol Kesehatan di Jatipuro

Tim Satgas Covid-19 tingkat kabupaten lakukan Opsgakplin dan supervisi penerapan prokes di kawasan pasar.

Istimewa
Tim Satgas Covid-19 tingkat kabupaten mengunjungi rumah warga yang menjalani isolasi mandiri di Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar, Senin (7/6/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Tim Satgas Covid-19 tingkat kabupaten melakukan operasi penegakan disiplin (Opsgakplin) serta supervisi penerapan protokol kesehatan di kawasan pasar, terminal dan rumah warga yang menjalani isolasi mandiri di wilayah Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar, Senin (7/6/2021). 

Kepala Satpol PP Karanganyar, Yophy Eko Jati Wibowo menyampaikan, operasi penegakan disiplin serta supervisi ini dilakukan karena dari analisa Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), warga belum begitu patuh protokol kesehatan. Seperti pemakaian masker dan dan tertib saat menjalani isolasi mandiri. 

Dia mencontohkan, semisal di satu rumah ada seorang pasien positif dengan status OTG yang menjalani isolasi mandiri. Akan tetapi anggota keluarga lainnya yang kontak erat tetap menjalani aktivitas di luar rumah. 

"Kita ke satu rumah warga, ada Ketua RT, RW dan Kadus. Kita sampaikan, dijaga bersama, diopeni, diingatkan," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com.

Tim Satgas Covid-19 juga menyampaikan kepada anggota keluarga yang menjalani isolasi mandiri supaya berkoordinasi dengan Ketua RT setempat apabila ada barang yang diperlukan, sehingga tidak perlu keluar rumah. 

Terpisah, Camat Jatipuro, Murseno mengatakan, kepala desa di Kecamatan Jatipuro telah diberi pengarahan oleh Tim Satgas Covid-19 Kabupaten di Kantor Kecamatan. 

"Tindaklanjut tadi sudah koordinasi dengan polsek dan koramil, kita secara intensif monitoring warga yang menjalani isolais mandirj. Jangan sampai yang isolasi merasa tertekan," ucapnya. 

Berdasarkan data yang dihimpun dari DKK per Minggu (6/6/2021), tercatat ada sejumlah 395 kasus aktif positif Covid-19 di Kabupaten Karanganyar. Dari jumlah tersebut 174 orang menjalani rawat inap. Sedangkan 221 orang menjalani isolasi mandiri. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved