Breaking News:

Berita Pekalongan

326 Calon Jamaah Haji Kota Pekalongan Batal Berangkat ke Mekkah

Sebanyak 326 calon jamaah haji asal Kota Pekalongan, batal berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji.

TRIBUNJATENG/INDRA DWI PURNOMO
Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kemenag Kota Pekalongan, Mundakir 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Sebanyak 326 calon jamaah haji asal Kota Pekalongan, batal berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji.

Kepastian pembatalan setelah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan surat Keputusan Menteri Agama KMA Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 hijriyah.

Calon jemaah haji Kota Pekalongan yang gagal berangkat di tahun 2021 ini, merupakan jamaah yang juga gagal berangkat di tahun lalu, akibat pandemi virus corona.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kemenag Kota Pekalongan Mundakir mengatakan, padahal sesuai aturan persiapan calon jamaah haji untuk berangkat ke tanah suci sudah dilakukan semua.

Mulai persiapan paspor, pelunasan biaya, hingga imunisasi meningitis serta vaksinasi covid-19.

"Terkait dengan keputusan pemerintah, alhamdulilah di Kota Pekalongan kondusif. Hanya ada 1 dan 2 calon jamaah yang ada yang kecewa akan tetapi mereka mengetahui bahwa itu bukan apa-apa," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kemenag Kota Pekalongan Mundakir, Selasa (8/6/2021).

Menurutnya, meskipun kembali gagal berangkat di tahun ini calon jamaah haji Kota Pekalongan terpantau memaklumi kondisi itu demi kesehatan dan keamanan bersama.

"326 calon jamaah haji yang gagal berangkat itu merupakan calon jamaah yang sudah melakukan pendaftaran di tahun 2011 lalu," ujarnya.

Pihaknya menambahkan, dengan dua kali haji Indonesia tidak berangkat maka otomatis menambah antrian masa tunggu haji di Kota Pekalongan yang diperkirakan mencapai waktu 28 tahun. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved