Breaking News:

Berita Semarang

Gali Kekayaan Budaya Candi Borobudur, Kemenparekraf Gelar Konferensi Internasional

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berupaya menggali kekayaan budaya Candi Borobudur.

Istimewa
Peluncuran konferensi internasional Borobudur yang digelar secara virtual, Senin (7/6/2021).   

Penulis: M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berupaya menggali kekayaan budaya Candi Borobudur.

Upay ayang dilakukan Kemenparekraf bekerja sama dengan Yayasan Padma Sada Svargantara dan Kompas Group sebagai media partner bakal menggelar konferensi internasional bertajuk “Music Over Nations: Menggali Jejak Persaudaraan Lintas Bangsa Melalui Musik” pada 24-25 Juni mendatang. 

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Rizki Handayani Mustafa mengatakan konferensi bertujuan menemukan rumusan bersama secara ilmiah dan inovatif terkait membangun gerakan bersama di tingkat dunia.

Tujuannya untuk menggali serta menghidupkan kembali jejak persaudaraan lintas bangsa melalui musik, seperti yang tergambar dalam pahatan Candi Borobudur.  

“Sebagaimana kita ketahui, Candi Borobudur adalah sumber pengetahuan, yang salah satunya adalah musik. Musik punya kekuatan untuk menggaungkan nilai-nilai kepada dunia sebagai salah satu diplomasi budaya kita. Dengan musik pula, kita mendorong pariwisata berbasis budaya sebagai upaya melestarikan warisan-warisan budaya yang berkelanjutan,” terangnya dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Senin (7/6/2021) 

Rizki menjelaskan, dalam konferensi akan digelar seminar dan diskusi yang menghadirkan pembicara ahli dari kalangan akademisi maupun praktisi dibidang ekonomi kreatif, kepariwisataan, kesenian, dan kebudayaan. 

Ia menambahkan, sejumlah perwakilan UMKM di sekitar Candi Borobudur juga akan berpartisipasi. Selain itu, akan ditampilkan pula pertunjukan musik lintas bangsa yang memainkan instrumen diambil dari relief Borobudur.

"Konferensi internasional Borobudur merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan konferensi internasional lima destinasi super prioritas yang akan diselenggarakan oleh Kemenparekraf sepanjang Juni-November 2021.

Kegiatan semacam ini akan diadakan pula di empat destinasi super prioritas yang lain, yaitu Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang," ujarnya 

Halaman
12
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved