Breaking News:

Berita Semarang

Lonjakan Kasus Covid Meluas ke Daerah Sekitar Kudus, 8 Daerah di Jateng Masuk Zona Marah

Prediksi epedemiolog terkait potensi ledakan kasus Covid-19 tidak hanya di Kudus.

Istimewa
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo didampingi Bupati Kudus, Hartopo saat memantau fasilitas RS Mardi Rahayu untuk penanganan covid. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Prediksi epedemiolog terkait potensi ledakan kasus Covid-19 tidak hanya di Kudus, tapi di daerah lain nyatanya terjadi.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencatat ada delapan daerah yang masuk ke dalam zona merah penularan covid.

Bahkan, status zona merah disandingkan kepada kabupaten/kota di sekitar daerah yang sebelumnya menjadi episentrum penularan covid.

Sebelumnya, pekan pertama pasca-libur Lebaran, tiga daerah yakni Brebes, Kudus, dan Sragen masuk zona merah. Kini, beberapa daerah di sekitar tiga kabupaten tersebut bertitel zona merah.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyebut, 8 daerah tersebut yakni Kudus, Demak, Grobogan, Pati, Jepara, Sragen, Kabupaten Tegal dan Brebes.

"Kalau dilihat, ini bergerombol. Brebes sudah merembet ke Kabupaten Tegal. Kudus merembet ke Jepara, Pati, Grobogan, Demak. Jadi daerah sekitarnya harus siap-siap. Rembang, Blora, Kota Semarang, Boyolali harus siap termasuk Solo, Karanganyar dan lainnya," katanya, Senin (7/6/2021).

Ganjar menginstruksikan kepada bupati di delapan daerah tersebut untuk menambah tempat tidur isolasi agar ada relaksasi keterisian ketika lonjakan kasus covid terjadi.

Selain itu, tempat isolasi terpusat juga harus disiapkan. Ini bisa menggunakan gedung atau bangunan pemerintahan yang bisa disekat untuk kamar.

Bed Occupancy Rate (BOR) di Jateng untuk ICU mencapai 51,87 persen dan isolasi 58,35 persen.

Rinciannya, 597 unit tempat tidur ICU terpakai dan masih tersedia 554. Sementara, 4.541 tempat tidur isolasi rumah sakit terpakai dan 3.212 tersedia.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved