Breaking News:

IT Telkom Purwokerto

Peran Perguruan Tinggi Bangkitkan Desa Wisata Tangguh Covid-19

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang sedang mengembangkan big data dan teknologi sebenarnya punya potensi juga untuk mendukung perekonomian

IST
M Lukman Leksono SPd MPd, Dosen Bahasa Indonesia Institut Teknologi Telkom Purwokerto 

Oleh: M Lukman Leksono SPd MPd
Dosen Bahasa Indonesia Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan Penggiat Literasi Banyumas

TIDAK terasa sudah dua tahun berlalu negara kita menghadapi pandemi virus Covid-19. Korban jiwa dan kerugian materil di semua sektor pemerintahan hampir semuanya terdampak pandemi Covid-19.

Rasa kebingungan dan waswas akan terjadinya gelombang kedua nampak terlihat di wajah para pemimpin kita, tak terkecuali Bapak Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Ya, para pemimpin tersebut rupanya sedang gelisah namun tetap berupaya keras mengembalikan kerugian di sektor pariwisata akibat dampak ini.

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor penting di pemerintahan karena menjadi salah satu sektor penyumbang devisa negara dan pengembangan perekonomian Indonesia tentunya. Fakta berbicara semenjak Pak Sandiaga Uno resmi dilantik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Desember 2020 silam, ada banyak perubahan signifikan di sektor ini.

Ada tiga program yang ditawarkan beliau, Pertama mengenai strategi inovasi dengan pendekatan big data, untuk memetakan potensi dan menguatkan berbagai aspek pada sektor parekraf (pariwisata ekonomi kreatif). Inovasi tentunya akan menjadi dasar bagi pengembangan destinasi superprioritas dalam satu tahun, bisa meliputi kuliner, busana, tarian, dan infrastruktur.

Kedua, adaptasi yang membiasakan dan mendisiplinkan penerapan protokol CHSE di setiap destinasi wisata sebagai bentuk atau adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi covid-19. CHSE merupakan Cleanliness (Kebersihan), Healthy (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan).

Kemudian yang ketiga, yaitu berkolaborasi dengan semua pihak maupun stakeholder untuk menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya. Sepertinya program-program ini menarik dan meyakinkan mata publik yang mungkin sudah kangen berpariwisata dan melepas penat karena setiap hari mendengar kabar covid-19 yang belum tuntas.

Bagkitkan Peran Perguruan Tinggi

Dari ketiga progam tersebut, rupanya ada satu program yang memiliki magnet ketertarikan untuk mengembangkannya di bidang pendidikan perguruan tinggi yaitu memetakan strategi inovasi dengan pendekatan big data dan teknologi.

Big data saat ini sudah tidak asing lagi ditelinga pengembang perangkat lunak dengan skala proyek yang luas. Penggunaan basis data sangat diperlukan untuk dapat mengelola, menyimpan, memanajemen segala informasi yang berbentuk data secara terstruktur dan tersistem.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved